Page 162 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 162

BAB 07   PENJAMINAN KUALITAS



                 Menurut  Ossiannilsson,  Williams,  Camilleri,  and  Brown  (2015),
                 walaupun  standar  kualitas  sangat  bersifat  kontekstual,  namun
                 ada  beberapa  karakteristik  umum  yang  harus  diperhatikan  dalam
                 membangun  suatu  sistem  pengendalian  dan  penjaminan  kualitas
                 (quality  assurance  atau  QA)  pembelajaran  online.   Beberapa
                 karakteristik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
                 •   Multi aspek - komprehensif (multifaceted): sistem penjaminan
                    kualitas  yang  digunakan  meliputi  beragam  aspek  pengukuran
                    kualitas, seperti aspek strategi, kebijakan, infrastruktur, proses,
                    output, dan menggunakan pendekatan yang komprehensif dan
                    holistik.
                 •   Dinamis:  sistem  dibangun  untuk  mengakomodasi  fleksibilitas
                    dalam  menghadapi  perubahan  teknologi  dan  bahkan  norma
                    sosial.  Untuk  menjaga  fleksibilitas  tersebut  sistem  umumnya
                    tidak disusun dengan merujuk kepada teknologi tertentu tetapi
                    ditekankan pada jenis layanan yang akan diberikan melalui jenis
                    teknologi tertentu.
     152                                                                                                                                                           153
                 •   Menjadi  poros  (mainstreamed):  sistem  dibangun  untuk
                    melakukan  peningkatan  kualitas  di  semua  lini  hingga  tingkat
                    tertinggi, dan dirancang untuk dapat ‘menetes’ (trickle down)
                    agar dapat dicerna dan dilaksanakan secara menyeluruh pada
                    semua  lini  manajemen,  serta  digunakan  sebagai  alat  refleksi
                    oleh  dosen  dan  tenaga  kependidikan  secara  individual  dalam
                    menjalankan tugas mereka sehari-hari.
                 •   Representatif:  sistem  dirancang  untuk  mewakili  perspektif
                    dan  kebutuhan  berbagai  pemangku  kepentingan,  termasuk
                    kepentingan  pembelajar,  staf,  insititusi,  pemerintah,  dan
                    masyarakat secara umum.
                 •   Multi fungsi: sistem dibuat untuk melakukan fungsi-fungsi lain
                    dalam  organisasi  seperti  untuk  membangun  budaya  kualitas,
                    memetakan peta pengembangan  (roadmap  of  development),
                    serta sebagai brand image kualitas bagi pihak luar.
   157   158   159   160   161   162   163   164   165   166   167