Page 162 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 162
BAB 07 PENJAMINAN KUALITAS
Menurut Ossiannilsson, Williams, Camilleri, and Brown (2015),
walaupun standar kualitas sangat bersifat kontekstual, namun
ada beberapa karakteristik umum yang harus diperhatikan dalam
membangun suatu sistem pengendalian dan penjaminan kualitas
(quality assurance atau QA) pembelajaran online. Beberapa
karakteristik tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
• Multi aspek - komprehensif (multifaceted): sistem penjaminan
kualitas yang digunakan meliputi beragam aspek pengukuran
kualitas, seperti aspek strategi, kebijakan, infrastruktur, proses,
output, dan menggunakan pendekatan yang komprehensif dan
holistik.
• Dinamis: sistem dibangun untuk mengakomodasi fleksibilitas
dalam menghadapi perubahan teknologi dan bahkan norma
sosial. Untuk menjaga fleksibilitas tersebut sistem umumnya
tidak disusun dengan merujuk kepada teknologi tertentu tetapi
ditekankan pada jenis layanan yang akan diberikan melalui jenis
teknologi tertentu.
152 153
• Menjadi poros (mainstreamed): sistem dibangun untuk
melakukan peningkatan kualitas di semua lini hingga tingkat
tertinggi, dan dirancang untuk dapat ‘menetes’ (trickle down)
agar dapat dicerna dan dilaksanakan secara menyeluruh pada
semua lini manajemen, serta digunakan sebagai alat refleksi
oleh dosen dan tenaga kependidikan secara individual dalam
menjalankan tugas mereka sehari-hari.
• Representatif: sistem dirancang untuk mewakili perspektif
dan kebutuhan berbagai pemangku kepentingan, termasuk
kepentingan pembelajar, staf, insititusi, pemerintah, dan
masyarakat secara umum.
• Multi fungsi: sistem dibuat untuk melakukan fungsi-fungsi lain
dalam organisasi seperti untuk membangun budaya kualitas,
memetakan peta pengembangan (roadmap of development),
serta sebagai brand image kualitas bagi pihak luar.