Page 157 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 157

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE

































                      Gambar 6.2. Beberapa Contoh Tampilan Laman “Kelas”
 146                                                                          147
                                     dalam Moodle

               Hal lain yang patut mendapat perhatian pada pembelajaran online
               adalah bahwa seringkali pembelajar kurang aktif, jarang ‘masuk’ ke
               kelas  online-nya,  jarang  mengajukan  pertanyaan,  jarang  memberi
               respon  atas  posting-an  temannya  ataupun  pengajar.  Oleh  karena
               itu, pengajar harus aktif mengingatkan dan men-trigger diskusi di
               dalam ‘kelas’ agar proses belajar berjalan secara efektif. Pengajar,
               selain  memberikan  bahan  ajar  sesuai  skenario  pembelajaran,
               juga  perlu  memberikan  penyapaan-penyapaan  yang  dapat
               memotivasi pembelajar agar disiplin, tekun, dan tetap berkomitmen
               menyelesaikan pembelajarannya hingga tuntas.

               Hal  lain  yang  perlu  mendapat  perhatian  dalam  pelaksanaan
               pembelajaran adalah  melakukan  asesmen  hasil belajar. Asesmen
               hasil  belajar  merupakan  aspek  yang  sangat  penting  dalam
   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162