Page 157 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 157
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Gambar 6.2. Beberapa Contoh Tampilan Laman “Kelas”
146 147
dalam Moodle
Hal lain yang patut mendapat perhatian pada pembelajaran online
adalah bahwa seringkali pembelajar kurang aktif, jarang ‘masuk’ ke
kelas online-nya, jarang mengajukan pertanyaan, jarang memberi
respon atas posting-an temannya ataupun pengajar. Oleh karena
itu, pengajar harus aktif mengingatkan dan men-trigger diskusi di
dalam ‘kelas’ agar proses belajar berjalan secara efektif. Pengajar,
selain memberikan bahan ajar sesuai skenario pembelajaran,
juga perlu memberikan penyapaan-penyapaan yang dapat
memotivasi pembelajar agar disiplin, tekun, dan tetap berkomitmen
menyelesaikan pembelajarannya hingga tuntas.
Hal lain yang perlu mendapat perhatian dalam pelaksanaan
pembelajaran adalah melakukan asesmen hasil belajar. Asesmen
hasil belajar merupakan aspek yang sangat penting dalam