Page 154 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 154

BAB 06  PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN ONLINE



                 2.  Materi pembelajaran yang telah diunggah ke dalam LMS dapat
                    digunakan berkali-kali.
                 3.  Data tentang pembelajar dan proses pembelajaran serta hasil
                    belajar  akan  tersimpan  dengan  baik  dalam  satu  tempat  yang
                    sama.  Data  proses  pembelajaran  yang  terekam  dalam  LMS
                    dapat merupakan sumber informasi yang kaya untuk digunakan
                    bagi kepentingan peningkatan kualitas pembelajaran.
                 4.  Memberikan  berbagai  pilihan  alat  mengajar  yang  dapat
                    digunakan  untuk  memperkaya  proses  pembelajaran  (chat,
                    integrasi dengan media social, forum diskusi, video conference,
                    blogging, dll.).


                 Prasetyo  (2018)  menyebutkan  bahwa  LMS  secara  umum
                 menyediakan fitur-fitur sebagai berikut.
                 •   Fasilitas  untuk  mengunggah  dan  memberikan  materi  dalam
                    berbagai format.
                 •   Forum untuk komunikasi asinkronus dan Chat untuk komunikasi
     144                                                                                                                                                           145
                    dan interaksi yang bersifat sinkronus.
                 •   Fitur untuk memberikan dan memeriksa tugas.
                 •   Penyimpanan data aktivitas proses belajar dan nilai.


                 Meskipun  fitur-fitur  tersebut  juga  sebenarnya  banya  tersedia
                 di  internet  dan  dapat  dipasang  pada  suatu  website,  namun
                 LMS  mengintegrasikannya  sebagai  suatu  paket  sistem  sehingga
                 memudahkan pengelolaan pembelajaran.


                 LMS  dapat  diambil  dari  LMS  terbuka  (baca:  gratis),  dibeli  atau
                 dikembangkan  sendiri.  Jika  akan  dikembangkan  sendiri  tentu  saja
                 harus  dilakukan  oleh  ahli  yang  memang  memiliki  keterampilan
                 tidak  saja  dalam  bidang  pemrograman  komputernya  tetapi  juga
                 yang  memiliki  pengetahuan  tentang  pedagogi  pembelajaran.
                 Demikian juga perlu dipertimbangkan waktu yang akan dibutuhkan
                 untuk mengembangkan suat LMS yang baik dan efektif. Jika ingin
   149   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159