Page 154 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 154
BAB 06 PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN ONLINE
2. Materi pembelajaran yang telah diunggah ke dalam LMS dapat
digunakan berkali-kali.
3. Data tentang pembelajar dan proses pembelajaran serta hasil
belajar akan tersimpan dengan baik dalam satu tempat yang
sama. Data proses pembelajaran yang terekam dalam LMS
dapat merupakan sumber informasi yang kaya untuk digunakan
bagi kepentingan peningkatan kualitas pembelajaran.
4. Memberikan berbagai pilihan alat mengajar yang dapat
digunakan untuk memperkaya proses pembelajaran (chat,
integrasi dengan media social, forum diskusi, video conference,
blogging, dll.).
Prasetyo (2018) menyebutkan bahwa LMS secara umum
menyediakan fitur-fitur sebagai berikut.
• Fasilitas untuk mengunggah dan memberikan materi dalam
berbagai format.
• Forum untuk komunikasi asinkronus dan Chat untuk komunikasi
144 145
dan interaksi yang bersifat sinkronus.
• Fitur untuk memberikan dan memeriksa tugas.
• Penyimpanan data aktivitas proses belajar dan nilai.
Meskipun fitur-fitur tersebut juga sebenarnya banya tersedia
di internet dan dapat dipasang pada suatu website, namun
LMS mengintegrasikannya sebagai suatu paket sistem sehingga
memudahkan pengelolaan pembelajaran.
LMS dapat diambil dari LMS terbuka (baca: gratis), dibeli atau
dikembangkan sendiri. Jika akan dikembangkan sendiri tentu saja
harus dilakukan oleh ahli yang memang memiliki keterampilan
tidak saja dalam bidang pemrograman komputernya tetapi juga
yang memiliki pengetahuan tentang pedagogi pembelajaran.
Demikian juga perlu dipertimbangkan waktu yang akan dibutuhkan
untuk mengembangkan suat LMS yang baik dan efektif. Jika ingin