Page 149 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 149

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                   Kesepuluh, bangun sistem analitik data yang dapat merekam
                           aktivitas dan hasil pembelajaran.


               Kesepuluh  praktik  baik  di  atas  jika  diperhatikan  seiring  dengan
               Kerangka  Pembelajaran  Online  dari  Anderson  yang  dibahas  pada
               Bab 4 sebelumya. Kesepuluh butir praktik baik juga selaras dengan
               langkah-langkah  penyiapan  matakuliah  pada  pembelajaran  tatap
               muka  sesuai  prinsip-prinsip  teknologi  pendidikan.  Berdasarkan
               butir-butir  praktik  baik  pengembangan  tersebut  maka  langkah-
               langkah  pengembangan  pokok  pembelajaran  online  kurang  lebih
               sebagaimana terlihat pada Gambar 6.1 berikut.











 138                                                                          139


                      Gambar 6.1. Alur Perencanaan Pembelajaran Online


               Tahapan  ‘menetapkan  tujuan  pembelajaran’,  ‘melakukan  analisis
               kompetensi’,  dan  ‘mengembangkan  materi’  merupakan  tahapan
               yang  sama  seperti  ketika  Anda  mengembangkan  bahan  ajar  yang
               telah  kita  bahas  di  Bab  sebelumnya.  Tahapan  yang  terlihat  pada
               Gambar 6.1 di atas relevan jika Anda belum mengembangkan bahan
               ajar secara tersendiri, namun jika bahan ajar telah tersedia, makan
               Anda  dapat  langsung  membuat  skenario  pembelajaran  dan  yang
               lebih terinci storyboard.
   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154