Page 149 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 149
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Kesepuluh, bangun sistem analitik data yang dapat merekam
aktivitas dan hasil pembelajaran.
Kesepuluh praktik baik di atas jika diperhatikan seiring dengan
Kerangka Pembelajaran Online dari Anderson yang dibahas pada
Bab 4 sebelumya. Kesepuluh butir praktik baik juga selaras dengan
langkah-langkah penyiapan matakuliah pada pembelajaran tatap
muka sesuai prinsip-prinsip teknologi pendidikan. Berdasarkan
butir-butir praktik baik pengembangan tersebut maka langkah-
langkah pengembangan pokok pembelajaran online kurang lebih
sebagaimana terlihat pada Gambar 6.1 berikut.
138 139
Gambar 6.1. Alur Perencanaan Pembelajaran Online
Tahapan ‘menetapkan tujuan pembelajaran’, ‘melakukan analisis
kompetensi’, dan ‘mengembangkan materi’ merupakan tahapan
yang sama seperti ketika Anda mengembangkan bahan ajar yang
telah kita bahas di Bab sebelumnya. Tahapan yang terlihat pada
Gambar 6.1 di atas relevan jika Anda belum mengembangkan bahan
ajar secara tersendiri, namun jika bahan ajar telah tersedia, makan
Anda dapat langsung membuat skenario pembelajaran dan yang
lebih terinci storyboard.