Page 147 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 147

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE









                                                 Perencanaan



               S     eperti  halnya  pada  pembelajaran  klasikal  tatap  muka,



                     pembelajaran  online  harus  disiapkan  dengan  baik  agar
                     efektif. Belajar dari mereka yang telah lama melaksanakan
               pembelajaran online, berikut ini ada pengalaman baik yang dapat
               dipelajari bersama, berkenaan dengan pengembangan pembelajaran
               online (Moore, 2018 dalam ExtensionEngine Blog). Oleh sumbernya
               disebut  dengan  10  praktek  baik  untuk  mengembangkan  program
               pembelajaran daring.



 136               Pertama,  kenali  calon  pembelajar  yang  akan  mengikuti   137
                           pembelajaran  online  yang  akan  dikembangkan.
                           Kita  harus  mengetahui  sespesifik  mungkin  siapa
                           pembelajar  yang  menjadi  target  kita,  apa  latar
                           belakang pendidikan sebelumnya, apa tujuan mereka
                           mengikuti pembelajaran yang akan kita berikan, dll.


                   Kedua, tentukan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh
                           pembelajar, apa luaran yang kita harapkan, bagaimana
                           kita akan menyusun dan mengurutkan tujuan-tujuan
                           yang  harus  dicapai  agar  pembelajar  dapat  dengan
                           mudah mencapainya setahap demi setahap.

                   Ketiga, tetapkan pedagogi yang akan digunakan, apakah akan
                           sepenuhnya online atau kombinasi (blended)¸apakah
                           kita  akan  menggunakan  pendekatan  pembelajaran
                           berdasarkan  teori  tertentu  (misalnya  pendekatan
                           konstruktivisme, konektivisme, dll).
   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152