Page 169 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 169
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Kontekstualisasi Kerangka
Penjaminan Kualitas
S ekarang ini tersedia banyak acuan dan pedoman penjaminan
kualitas yang dapat dijadikan rujukan bahkan diadopsi
langsung oleh penyelenggara pembelajaran jarak jauh dan
online. Setiap organisasi atau perkumpulan institusi penyelenggara
pendidikan jarak jauh dan online, baik yang bersifat regional seperti
Asia Association of Open Universities (AAOU), European Association
of Distance Teaching University (EADTU), African Council for Distance
Education (ACDE), dan Australian Council of Open, Distance, and
158 e-learning (ACODE) maupun global seperti The International Council 159
for Open and Distance Education (ICDE),the Commonwhealth of
Learning (COL), dan UNESCO pada umumnya telah mengembangkan
semacam panduan kualitas, baik dalam format quality guidelines,
toolkits, ataupun lainnya. Badan-badan akreditasi seperti BANT-
PT dan bahkan The International Network for Quality Assurance
Agencies in Higher Education (INQAAHE) juga menawarkan
kerangka dan bahkan instrumen untuk melakukan akreditasi bagi
penyelenggara pembelajaran online dan sejenisnya.
Pada prakteknya, setiap institusi penyelenggara pembelajaran online
mengembangkan sendiri atau mengadopsi strategi atau sistem
penjaminan kualitas yang paling sesuai dengan konteks masing-
masing. Ossiannilsson dkk. (2015) melakukan reviu terhadap sekitar
40 kerangka, sistem, strategi, toolkit, yang dikembangkan oleh
berbagai institusi regional dan global, dan menyimpulkan bahwa
kontekstualisasi dalam pengembangan sistem penjaminan kualitas