Page 172 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 172

BAB 07   PENJAMINAN KUALITAS



                 Setiap area kualitas tersebut dijabarkan lebih rinci ke dalam butir-
                 butir stardar kualitas yang disajikan dalam format Pernyataan Praktik
                 Baik (statement  of  best  practice).  Universitas  Terbuka  kemudian
                 menerjemahkan pernyataan-pernyataan praktik baik tersebut sesuai
                 dengan konteks di Indonesia. Sebagai contoh, untuk area kualitas
                 Program  Design  and  Curriculum  Development,  Pernyataan  Praktik
                 Baik pertama dalam AAOU quality framework adalah:
                    The institution designs programs based on assessments of
                    learners’ specific needs.


                 Pernyataan ini oleh UT diterjemahkan menjadi:
                    Program  dikembangkan  berdasarkan  kebutuhan  yang
                    diidentifikasi  melalui  riset  pasar,  konsultasi  dengan
                    dunia  usahya  dan  dunia  industi,  ataupun  kebutuhan
                    pembangunan nasional.


                 Kontekstualiasi statement of best practice dari ’based on assessments
     162                                                                                                                                                           163
                 of learners’ specific needs’ oleh UT diperluas menjadi ‘berdasarkan
                 kebutuhan yang diidentifikasi melalui riset pasar, konsultasi dengan
                 dunia usaha dan dunia industi, ataupun kebutuhan pembangunan
                 nasional’.  Hal  ini  didasarkan  pertimbangan  bahwa  UT  merupakan
                 PTN yang seringkali juga diminta atau ditugaskan oleh Pemerintah
                 untuk membuka program studi tertentu untuk mendukung program
                 pembangunan  nasional  (misalnya  Program  Studi  S1  PGSD  yang
                 dibuka  untuk  mendukung  implementasi  UU  no.  14  Tahun  2005
                 tentang Guru dan Dosen).
   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177