Page 115 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 115

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               berdasarkan  kurikulum  dan  rancangan  mata  kuliah  yang  telah
               ditetapkan.  Pengembangan kurikulum itu sendiri tentu sudah harus
               dilaksanakan dengan memperhatikan karakteristik calon pengguna/
               pembelajar  serta  kompetensi  yang  diharapkan  akan  dicapai  oleh
               pembelajar setelah selesai melakukan proses pembelajarannya.


               1.  Bahan Ajar Utuh
                   Pembelajaran   online   merupakan   perkembangan   dari
                   pembelajaran  jarak  jauh  konvensional  dimana  bahan  ajarnya
                   biasanya  masih  menggunakan  bahan  ajar  berbasis  teks  dan
                   gambar  statis  secara  tercetak  (buku  atau  modul).  Pada  era
                   pembelajaran  jarak  jauh  konvensional,  teknologi  belum
                   memungkinkan terjadinya sharing informasi seperti halnya pada
                   era sekarang dimana dengan internet semua menjadi terkoneksi.
                   Oleh sebab itu, bahan ajar pada umumnya dikembangkan dengan
                   asumsi  bahwa  seluruh  materi  yang  dituntut  oleh  kurikulum
                   harus tertuang dalam bahan ajar yang akan dikirimkan kepada
 104                                                                          105
                   pembelajar.  Demikian  juga,  bahan  ajar  tersebut  juga  sudah
                   harus  mengandung  bagian  self-asessment  untuk  hasil  belajar
                   yang dapat dikerjakan langsung oleh pembelajar. Implementasi
                   dari asumsi ini adalah bahwa bahan ajar sudah harus lengkap
                   (self-contained) atau utuh dikembangkan sebelum pembelajar
                   mendaftar  sehingga  lazim  disebut  pre-produced  learning
                   materials. Pendekatan penyusunan bahan ajar seperti ini masih
                   banyak  dilakukan  oleh  penyelenggaran  pembelajaran  online,
                   walaupun  sekarang  format  media  pembelajarannya  tidak  lagi
                   selalu format tercetak saja tetapi lebih beragam dan multimedia.
                   Bahan  ajar  utuh  dirancang  untuk  digunakan  oleh  pembelajar
                   secara  mandiri.  Dengan  demikian,  pemahaman  mengenai
                   karakteristik  pembelajar  merupakan  aspek  penting  dalam
                   pengembangan  bahan  ajar,  tentunya  disamping  faktor
                   lainnya seperti karakteristik materi ajarnya itu sendiri. Karena
                   karakteristiknya yang memungkinkan proses pembelajaran tidak
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120