Page 114 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 114

BAB 05  BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE



                    di Amerika Serikat. Oleh karena itu, penggunaan media sosial
                    seperti Facebook harus hati-hati jika melibatkan misalnya data
                    pribadi kita dan peserta didik kita.


                    Aspek privasi peserta didik juga menjadi isu penting sekarang
                    ini. Beberapa aplikasi penunjang pembelajaran seperti learning
                    analytics  yang  menggunakan  data  peserta  didik  untuk  tujuan
                    intervensi  layanan  belajar  misalnya,  sekarang  dipertanyakan
                    sampai sejauh mana institusi bisa menggunakan data peserta
                    didiknya tanpa ijin mereka.


                 Jenis Bahan Ajar berdasarkan Pengembangannya


                 Ada  beragam  jenis  bahan  ajar  yang  dapat  digunakan  pada
                 pembelajaran  online.  Pada  awal  sebelum  pembelajaran  jarak
                 jauh  dilakukan  secara  online,  bahan  ajar  dikembangkan  terlebih
                 dahulu  sebelum  proses  pembelajaran  dalam  format  buku  serta
     104                                                                                                                                                           105
                 media  audio  visual  dalam  format  CD.  Paket  bahan  ajar  tersebut
                 kemudian dikirimkan ke pembelajar untuk digunakan dalam proses
                 belajar jarak jauh secara mandiri.  Jadi bahan ajar ini belum secara
                 khusus dikembangkan sebagai suatu bahan pembelajaran berbasis
                 online (e-lesson)  karena  di  dalamnya  baru  mengandung  materi
                 dan  belum  mengandung  fitur  navigasi  untuk  memfasilitasi  proses
                 pembelajaran  secara  komprehensif.  Paket  bahan  ajar  seperti  ini,
                 dalam pembelajaran online dapat dirancang menjadi terpadu secara
                 digital dan dikemas sebagai suatu e-lesson yang interaktif.


                 Dilihat dari proses pengembangannya, bahan ajar pada pembelajaran
                 online  setidaknya  dapat  dibedakan  menjadi  dua  kategori,  yaitu:
                 (1)  bahan  ajar  yang  dikembangkan  sebagai  bahan  ajar  utuh
                 (self-contained)  dan  self-instructional,  dan  (2)  bahan  ajar  yang
                 dikembangkan secara kompilasi dari bahan-bahan yang ada. Apapun
                 metodenya, pengembangan bahan ajar tetap harus dikembangkan
   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119