Page 114 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 114
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
di Amerika Serikat. Oleh karena itu, penggunaan media sosial
seperti Facebook harus hati-hati jika melibatkan misalnya data
pribadi kita dan peserta didik kita.
Aspek privasi peserta didik juga menjadi isu penting sekarang
ini. Beberapa aplikasi penunjang pembelajaran seperti learning
analytics yang menggunakan data peserta didik untuk tujuan
intervensi layanan belajar misalnya, sekarang dipertanyakan
sampai sejauh mana institusi bisa menggunakan data peserta
didiknya tanpa ijin mereka.
Jenis Bahan Ajar berdasarkan Pengembangannya
Ada beragam jenis bahan ajar yang dapat digunakan pada
pembelajaran online. Pada awal sebelum pembelajaran jarak
jauh dilakukan secara online, bahan ajar dikembangkan terlebih
dahulu sebelum proses pembelajaran dalam format buku serta
104 105
media audio visual dalam format CD. Paket bahan ajar tersebut
kemudian dikirimkan ke pembelajar untuk digunakan dalam proses
belajar jarak jauh secara mandiri. Jadi bahan ajar ini belum secara
khusus dikembangkan sebagai suatu bahan pembelajaran berbasis
online (e-lesson) karena di dalamnya baru mengandung materi
dan belum mengandung fitur navigasi untuk memfasilitasi proses
pembelajaran secara komprehensif. Paket bahan ajar seperti ini,
dalam pembelajaran online dapat dirancang menjadi terpadu secara
digital dan dikemas sebagai suatu e-lesson yang interaktif.
Dilihat dari proses pengembangannya, bahan ajar pada pembelajaran
online setidaknya dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:
(1) bahan ajar yang dikembangkan sebagai bahan ajar utuh
(self-contained) dan self-instructional, dan (2) bahan ajar yang
dikembangkan secara kompilasi dari bahan-bahan yang ada. Apapun
metodenya, pengembangan bahan ajar tetap harus dikembangkan