Page 116 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 116
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
terikat dengan waktu dan tempat, mayoritas pembelajar pada
pembelajaran jarak jauh adalah orang dewasa. Oleh karena itu,
pemahaman mengenai karakteristik perilaku umum, khususnya
perilaku belajar orang dewasa sangat dibutuhkan. Salah
satu teori mengenai orang dewasa adalah teori Andragogy 1
1 yang dikembangkan oleh Knowles (1978) yang diantaranya
menyebutkan bahwa:
• Orang dewasa mempunyai kebutuhan psikologis untuk
diberi keleluasaan dalam mengarahkan diri sendiri dan
bertanggung jawab atas pilihannya;
• Orang dewasa mempunyai pengalaman yang amat kaya
yang selalu digunakan sebagai titik awal mereka dalam
belajar;
• Orang dewasa mampu menentukan dan membuat
keputusan tentang strategi belajar yang sesuai untuk
dirinya: kapan, di mana, bagaimana, dan sebagainya;
• Bagi orang dewasa, masa depan adalah sekarang, sehingga
106 107
materi belajar yang cocok adalah yang berorientasi pada
kompetensi untuk memecahkan masalah yang dihadapi
sekarang; serta
• Orang dewasa pada umumnya sudah bekerja dan memiliki
keterbatasan waktu untuk belajar dan mencari sumber
belajar yang diperlukan.
Sehubungan dengan asumsi-asumsi karakteristik orang dewasa
di atas, maka bahan ajar harus dikembangkan sebagai bahan
ajar yang dapat:
(1) memberikan keleluasaan bagi pembacanya untuk
menentukan strategi dan kecepatan belajar yang
diinginkannya dengan cara dikemas secara moduler
berdasarkan materi pokok/inti secara utuh;
1 Andragogy adalah suatu model pembelajaran yang mengasumsikan
kematangan siswa.