Page 117 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 117
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
(2) memuat contoh-contoh serta studi-studi kasus yang
didasarkan pada kenyataan di lapangan untuk bidang-
bidang yang relevan dengan materi ajar yang disajikan;
(3) harus bersifat self contained (mengandung seluruh materi
ajar secara lengkap);
(4) harus self-instructional (sistematis dan jelas) sehingga
dapat dipelajari secara mandiri dengan kecepatan yang
paling sesuai dengan kondisi dan kemampuan masing-
masing; dan
(5) karena dituntut untuk menjadi bahan yang self-instructional,
bahan ajar juga perlu ditulis dengan bahasa yang sederhana,
mudah dipahami, serta bergaya percakapan.
Secara lebih spesifik, Holmberg (1983) menyebutkan bahwa
bahan ajar dalam pendidikan jarak jauh perlu ditulis sebagai gaya
guided didactic conversation, yang diantaranya menekankan
pentingnya:
106 107
(1) presentasi materi ajar yang jelas, dengan menggunakan
bahasa yang mudah dimengerti, dan tidak terlalu padat;
(2) petunjuk secara eksplisit tentang apa yang harus dilakukan
dan jangan dilakukan, serta apa yang harus diperhatikan
dan alasan-alasannya;
(3) desain yang mengundang mahasiswa untuk bertukar
pikiran, bertanya, dan membuat pertimbangan-
pertimbangan tentang materi apa yang harus difokuskan;
(4) upaya untuk memotivasi mahasiswa untuk mempunyai
ketertarikan terhadap materi yang diajarkan;
(5) gaya penulisan materi yang personalized, seperti
penggunaan bahasa orang pertama; dan
(6) batasan yang jelas pada pergantian tema/topik materi,
seperti dengan menuliskan pergantian topik secara
eksplisit, atau jika dalam bentuk terekam (kaset), dengan
pengisi suara yang berbeda.