Page 117 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 117

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                   (2)  memuat  contoh-contoh  serta  studi-studi  kasus  yang
                       didasarkan  pada  kenyataan  di  lapangan  untuk  bidang-
                       bidang yang relevan dengan materi ajar yang disajikan;
                   (3)  harus bersifat  self contained (mengandung seluruh materi
                       ajar secara lengkap);
                   (4)  harus  self-instructional  (sistematis  dan  jelas)  sehingga
                       dapat  dipelajari  secara  mandiri  dengan  kecepatan  yang
                       paling  sesuai  dengan  kondisi  dan  kemampuan  masing-
                       masing; dan
                   (5)  karena dituntut untuk menjadi bahan yang self-instructional,
                       bahan ajar juga perlu ditulis dengan bahasa yang sederhana,
                       mudah dipahami, serta bergaya percakapan.


                   Secara  lebih  spesifik,  Holmberg  (1983)  menyebutkan  bahwa
                   bahan ajar dalam pendidikan jarak jauh perlu ditulis sebagai gaya
                   guided  didactic  conversation,  yang  diantaranya  menekankan
                   pentingnya:
 106                                                                          107
                   (1)  presentasi  materi  ajar  yang  jelas,  dengan  menggunakan
                       bahasa yang mudah dimengerti, dan tidak terlalu padat;
                   (2)  petunjuk secara eksplisit tentang apa yang harus dilakukan
                       dan  jangan  dilakukan,  serta  apa  yang  harus  diperhatikan
                       dan alasan-alasannya;
                   (3)  desain  yang  mengundang  mahasiswa  untuk  bertukar
                       pikiran,   bertanya,   dan   membuat   pertimbangan-
                       pertimbangan tentang materi apa yang harus difokuskan;
                   (4)  upaya  untuk  memotivasi  mahasiswa  untuk  mempunyai
                       ketertarikan terhadap materi yang diajarkan;
                   (5)  gaya  penulisan  materi  yang  personalized,  seperti
                       penggunaan bahasa orang pertama; dan
                   (6)  batasan  yang  jelas  pada  pergantian  tema/topik  materi,
                       seperti  dengan  menuliskan  pergantian  topik  secara
                       eksplisit, atau jika dalam bentuk terekam (kaset), dengan
                       pengisi suara yang berbeda.
   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122