Page 112 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 112
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
kita sebagai dosen juga akan merancang pembelajaran dengan
memanfaatkan teknologi tersebut. Hal inilah yang menyebabkan
pembelajaran dengan media online sulit diterapkan di
organisasi kecil yang belum memiliki infrastruktul yang baik.
Oleh karena itu, sebelum memilih media yang akan digunakan,
analisis dahulu kesiapan organisasi tempat kita bekerja untuk
mendukung penggunaan media tersebut.
7) Networking (Jejaring): seberapa baik fungsinya untuk
memfasilitas peserta didik untuk melakukan networking dengan
sumber belajar di luar lingkungan belajar utamanya (kelas,
kampus).
Elemen ini sangat penting
dan sangat relevan dengan
pendidikan dan pembelajaran di
era digital ini. Dalam kerangka
102 103
seleksi media ACTIONS, Bates
menggunakan huruf ‘N’ untuk elemen novelty namun elemen
tersebut pada kerangka baru sudah tercakup dalam elemen
kemudahan penggunaan media, sehingga huruf ‘N’ dalam
SECTIONS merujuk pada networking yang sangat relevan
dengan era digital sekarang. Aspek yang harus dipertimbangkan
terkait elemen ini adalah diantaranya: seberapa penting
peserta didik harus melakukan komunikasi dengan sumber
belajar di luar matakuliah (dan kita sebagai dosen) agar tujuan
pembelajaran tercapai, misalnya dengan pakar lain atau
professional? Melalui media komunikasi apa, Facebook, wikis,
blog, LinkedIn atau Google Hanghout misalnya? Jika ya, maka
kita harus mempertimbangkan jenis teknologi dan media yang
memungkinkan peserta didik melakukan networking. Kita
dapat juga menggunakan dan menggabungkan media yang kita
gunakan dengan media sosial yang ada.