Page 111 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 111

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               Tabel 5.3. Karakteristik Media dan Interaksi Pembelajaran


                                           Karakteristik Interaksi Media
                                        Inherent  Dirancang  Diinisiasi
                                                            Peserta Didik
                        Perserta Didik -  Pembelajaran  Buku teks,  Siaran
                        Materi        adaftif,    LMS,     televisi,
                                      xMOOCs,     Podcasts  Novel,
                                      Simulasi,            Podcast,
                                      Tugas yang           Video
                                      diperiksa            YouTube
                                      komputer
                  Jenis   Perserta Didik -  Seminar  Forum   e-mail,
                Interaksi  Pengajar   tatap muka  diskusi   e-portfolio
                                                  online,
                                                  Kuliah
                                                  tatap
                                                  muka
                                                  e-portfolio
                        Perserta Didik -  cMOOcs,  Kelompok  Media sosial,
                        Peserta Didik  Dunia maya  kerja   Wikis

 100                                                                          101
               6)  Organizational  Issues  and  Readiness (Isu  dan  Kesiapan
                   Organisasi):  apa  yang  harus  dilakukan  organisasi  untuk
                   mendukung penggunaan media tersebut.


                   Isu  organisasi  terkait  dengan
                   kesiapan    institusi   dalam
                   mendukung  penggunaan  media
                   yang  dipilih.  Kita  sebagai  dosen
                   biasanya  merancang  kegiatan   picpedia.com
                   pembelajaran   sesuai   dengan
                   ketersediaan  fasilitas  yang  ada.  Jika  organisasi  Pendidikan
                   tempat  kita  mengajar  mengatur  infrastrukturnya  berdasarkan
                   kelas-kelas, maka kita sebagai dosen tentu akan secara dominan
                   menggunakan pembelajaran tatap muka di kelas-kelas tersebut.
                   Tetapi  kalau  organisasi  menyediakan  infrastruktur  teknologi
                   komunikasi  dan  informasi  dengan  komprehensif,  maka  tentu
   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116