Page 111 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 111
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
Tabel 5.3. Karakteristik Media dan Interaksi Pembelajaran
Karakteristik Interaksi Media
Inherent Dirancang Diinisiasi
Peserta Didik
Perserta Didik - Pembelajaran Buku teks, Siaran
Materi adaftif, LMS, televisi,
xMOOCs, Podcasts Novel,
Simulasi, Podcast,
Tugas yang Video
diperiksa YouTube
komputer
Jenis Perserta Didik - Seminar Forum e-mail,
Interaksi Pengajar tatap muka diskusi e-portfolio
online,
Kuliah
tatap
muka
e-portfolio
Perserta Didik - cMOOcs, Kelompok Media sosial,
Peserta Didik Dunia maya kerja Wikis
100 101
6) Organizational Issues and Readiness (Isu dan Kesiapan
Organisasi): apa yang harus dilakukan organisasi untuk
mendukung penggunaan media tersebut.
Isu organisasi terkait dengan
kesiapan institusi dalam
mendukung penggunaan media
yang dipilih. Kita sebagai dosen
biasanya merancang kegiatan picpedia.com
pembelajaran sesuai dengan
ketersediaan fasilitas yang ada. Jika organisasi Pendidikan
tempat kita mengajar mengatur infrastrukturnya berdasarkan
kelas-kelas, maka kita sebagai dosen tentu akan secara dominan
menggunakan pembelajaran tatap muka di kelas-kelas tersebut.
Tetapi kalau organisasi menyediakan infrastruktur teknologi
komunikasi dan informasi dengan komprehensif, maka tentu