Page 109 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 109

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                   materi  ajar)  dapat  dengan  mudah  difasilitasi  oleh  media  teks
                   ataupun media komputasi, sebaliknya interaksi antara peserta
                   didik dengan dosen mungkin akan lebih mudah difasilitasi oleh
                   media  audio,  video-conferencing,  ataupun  media  komputasi.
                   Sementara itu, interaksi antar sesama peserta didik dalam suatu
                   diskusi mungkin akan lebih baik dilakukan melalui media video
                   conferencing dan komputasi (Discussion forum, LMS, dll).

                   Secara  umum,  Bates  merangkum  korelasi  antara  karakteristik
                   media dan jenis interaksi tersebut. Seperti ditunjukkan dalam
                   Tabel  6,  Bates  membedakan  karakteristik  interaksi  sebagai
                   otomatis  (inhenrent),  dirancang,  dan  diinisiasi  oleh  peserta
                   didik.  Interaksi  yang  bersifat  inherent  adalah  interaksi  yang
                   dipicu  oleh  desain  dan  media  itu  sendiri.  Contohnya  adalah
                   pembelajaran adaptif, di mana siswa tidak dapat maju ke tahap
                   pembelajaran  berikutnya  tanpa  berinteraksi  melalui  tes  yang
                   memastikan apakah mereka telah belajar cukup untuk maju ke
 98                                                                           99
                   tahap berikutnya, atau pembelajaran ‘korektif’ apa yang masih
                   perlu  mereka  lakukan.  Pembelajaran  behaviouristik  berbasis
                   komputer secara inhenrent bersifat interaktif, karena memaksa
                   peserta didik untuk merespons. Oleh karena itu, teknologi yang
                   dirancang  untuk  ‘memaksa’  peserta  didik  untuk  merespons
                   sering dikaitkan dengan pendekatan behaviorisme.

                   Interaksi yang dirancang mengacu pada intervensi kita sebagai
                   dosen pada penggunaan media. Beberapa media atau teknologi
                   secara inheren tidak interaktif, namun kita dapat secara eksplisit
                   merancang untuk mendorong interaksi peserta didik. Misalnya,
                   meskipun halaman web secara inheren tidak interaktif, namun
                   dapat dirancang untuk menjadi interaktif dengan menambahkan
                   menu  komentar  atau  dengan  mengharuskan  peserta  didik
                   memasukkan informasi atau membuat pilihan. Secara khusus,
                   kita  sebagai  dosen  dapat  menambahkan  atau  menyarankan
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114