Page 105 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 105
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
dengan professional berbayar, dan desain pembelajaran yang
dipilih (Bates, 2019).
Terkait desain pembelajaran, biaya suatu teknologi/media
dapat berbeda tergantung bagaimana desain format/bentuk
pemanfaatannya. Sebagai contoh, video dapat dipakai untuk
hanya merekam ‘talking heads’ seperti merekam dosen yang
sedang memberikan kuliah, atau untuk membuat suatu
program ‘serius’ yang dikembangkan dengan scenario yang
memanfaatkan semua fitur/affordances kekutatan media video.
Contoh lain, media komputasi bisa hanya digunakan untuk
menulis teks atau digunakan untuk pembelajaran kolaboratif
secara online.
Bates (2019) mencoba merangkum kompleksitas faktor
biaya ini, khususnya untuk membantu pengajar dalam
mengambil keputusan, seperti disajikan dalam Tabel 5. Tabel
94 95
ini memperlihatkan misalnya, biaya perkuliahan tatap muka
langsung dari segi pengembangan dan penyampaian tidak
terlalu mahal (sedang), biaya yang disebabkan pengalaman
rendah (karena relative tidak membutuhkan waktu lama untuk
mempelajarinya), biaya untuk mengembangkan sendiri juga
rendah karena tidak perlu membayar professional, namun
perkuliahan tidak terlalu dapat ditingkatkan skalanya. Sementara
itu misalnya, penggunaan video dengan talk heads saja juga
tidak terlalu mahal dalam hal pengembangan, biaya rendah
untuk penyampaian (karena dapat melalui Internet misalnya),
dapat ditingkatkan skala penyampaiannya dengan mudah,
serta karena tekniknya cukup mudah sehingga biaya atas waktu
untuk mempelajari penggunaan media ini walaupun belum
berpengalaman dan dikembangkan sendiri cukup rendah.