Page 100 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 100
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
mayoritas peserta didik. Misalnya, jika matakuliah itu untuk
mahasiswa tingkat awal dimana mereka mungkin belum terlalu
mandiri, maka metode pembelajaran yang sepenuhnya online
barangkali kurang sesuai. Oleh karena itu, metode yang lebih pas
mungkin metode blended dimana mereka masih mendapatkan
bimbingan secara tatap muka dari dosen.
Aspek kedua terkait peserta didik yang penting untuk
dipertimbangkan adalah tingkat aksesibilitas mereka terhadap
teknologi dan media yang akan digunakan. Sebagus apapun
teknologi tersebut, tetap tidak akan bermanfaat jika sulit
diakses secara nyaman dan murah oleh peserta didik. Misalnya,
video streaming mungkin sangat bagus untuk memberi kuliah
jarak jauh namun memerlukan koneksi Internet dengan
bandwidth besar yang biasanya mahal. Isu aksesibilitas ini juga
terkait dengan peserta didik berkebutuhan khusus, kita perlu
memikirkan implementasi teknologi dan media pilihan untuk
90 91
dilengkapi fitur bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus
(seperti kebutuhan khusus pendengaran, penglihatan, dll.).
Pemenuhan fitur ini sekarang dapat mengacu pada praktik dan
standar dibawah Universal Design for Learning yang dijelaskan
sebagai berikut.
“UDL, refers to the deliberate design of instruction to
meet the needs of a diverse mix of learners. Universally
designed courses attempt to meet all learners’ needs by
incorporating multiple means of imparting information
and flexible methods of assessing learning. UDL also
includes multiple means of engaging or tapping into
learners’ interests. Universally designed courses are not