Page 100 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 100

BAB 05  BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE



                    mayoritas  peserta  didik.  Misalnya,  jika  matakuliah  itu  untuk
                    mahasiswa tingkat awal dimana mereka mungkin belum terlalu
                    mandiri, maka metode pembelajaran yang sepenuhnya online
                    barangkali kurang sesuai. Oleh karena itu, metode yang lebih pas
                    mungkin metode blended dimana mereka masih mendapatkan
                    bimbingan secara tatap muka dari dosen.

                    Aspek  kedua  terkait  peserta  didik  yang  penting  untuk
                    dipertimbangkan adalah tingkat aksesibilitas mereka terhadap
                    teknologi  dan  media  yang  akan  digunakan.  Sebagus  apapun
                    teknologi  tersebut,  tetap  tidak  akan  bermanfaat  jika  sulit
                    diakses secara nyaman dan murah oleh peserta didik. Misalnya,
                    video streaming mungkin sangat bagus untuk memberi kuliah
                    jarak  jauh  namun  memerlukan  koneksi  Internet  dengan
                    bandwidth besar yang biasanya mahal. Isu aksesibilitas ini juga
                    terkait dengan peserta didik berkebutuhan khusus, kita perlu
                    memikirkan  implementasi  teknologi  dan  media  pilihan  untuk
       90                                                                                                                                                          91
                    dilengkapi fitur bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus
                    (seperti  kebutuhan  khusus  pendengaran,  penglihatan,  dll.).
                    Pemenuhan fitur ini sekarang dapat mengacu pada praktik dan
                    standar dibawah Universal Design for Learning yang dijelaskan
                    sebagai berikut.

                       “UDL,  refers  to  the  deliberate  design  of  instruction  to
                       meet the needs of a diverse mix of learners. Universally
                       designed courses attempt to meet all learners’ needs by
                       incorporating multiple means of imparting information
                       and  flexible  methods  of  assessing  learning.  UDL  also
                       includes  multiple  means  of  engaging  or  tapping  into
                       learners’ interests. Universally designed courses are not
   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105