Page 98 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 98

BAB 05  BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE



                 Bates (1995) merangkum karakteristik berbagai media berdasarkan
                 aspek-aspek  ACTIONS  di  atas  (Tabel  5.1).  Karakteristik  media  ini
                 memang tentu saja mengalami perubahan pada era dimana hampir
                 semua media sekarang dikembangkan secara digital sehingga dapat
                 diunggah ke jaringan internet dan dapat dinikmati oleh penggunanya
                 melalui  jaringan  internet  atau  online.  Perubahan  karakteristik
                 tersebut  tentu  saja  tergantung  kepada  kualitas  jaringan  internet
                 yang dimiliki atau yang dapat diakses oleh pengguna. Misalnya, jika
                 seseorang memiliki akses yang baik terhadap internet, maka media
                 ’konferensi video’ yang semula dinilai ‘buruk’ dalam aspek ‘akses’
                 dapat berubah menjadi ‘baik’  karena melakukan konferensi video
                 di era sekarang dapat dilakukan dengan berbasis internet. Dengan
                 demikian,  pembelajar  tidak  perlu  datang  ke  suatu  tempat  khusus
                 untuk  mengikuti  konferensi  video  tersebut  seperti  di  masa  lalu
                 dimana  konferensi  video  hanya  dapat  dilakukan  dengan  berbasis
                 jaringan intranet (point-to-point). Konferensi video berbasis internet
                 dapat diikuti dari rumah atau tempat masing-masing peserta selama
       88                                                                                                                                                          89
                 mereka memiliki akses yang cukup baik terhadap internet. Media
                 ’konferensi video’ melalui jaringan internet ini sering juga disebut
                 sebagai web-conference atau webinar (konferensi/seminar melalui
                 jaringan).

                 Kerangka Seleksi Sections


                 Seiring  dengan  perkembangan  dan  ketersediaan  berbagai  media
                 baru,  perubahan  dalam  karakteristik  media  itu  sendiri,  serta  isu-
                 isu  terkait  jejaring,  Bates  kemudian  mengembangkan  kerangka
                 seleksi kedua yang disebut dengan SECTIONS. SECTIONS merupakan
                 akronim dari Student, Ease of use, Cost/time, Teaching, Interaction,
                 Organizational Issues, Networking, dan Security dan privacy.
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103