Page 101 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 101
BUKU PEMBELAJARAN ONLINE
designed with any one particular group of students with
a disability in mind, but rather are designed to address
the learning needs of a wide-ranging group (F. Brokop
dalam Bates, 2019)
Aspek ketiga terkait peserta didik adalah berkenaan dengan
cara mereka belajar. Peserta didik memiliki gaya belajar yang
bervariasi, sehingga mereka idealnya memiliki preferensi
teknologi atau media belajar yang bervariasi pula. Pada tingkat
pendidikan tinggi, peserta didik harus secara bertahap digiring
dari hal-hal yang bersifat konkrit ke konsep yang abstrak, dan
kearah berpikir yang reflektif. Teknologi dapat membantu
kita dalam membuat desain pembelajaran seperti ini, dengan
menawarkan pilihan-pilihan cara belajar dalam satu matakuliah
yang sama. Salah satu cara untuk melakukan ini dapat dengan
mendesain matakuliah secara terstruktur, menyediakan bahan
ajar tentang materi inti yang dapat diakses semua peserta
90 91
didik, dan juga menyediakan berbagai peluang bagi peserta
didik untuk mencari informasi atau materi tambahan dalam
beragam media (teks, diagram, video, dll). Materi-materi yang
ada di berbagai reposiori sumber pembelajaran terbuka (open
educational resources) bisa menjadi alternatif bahan pengayaan
tersebut. Dengan teknologi, kita juga dapat menyediakan
peluang bagi peserta didik untuk melakukan diskusi, membuat
poftofolio, ataupun melakukan latihan-latihan secara online.
Peluang-peluang kegiatan tambahan yang kita sediakan itu
meningkatkan kemungkinan pemenuhan kebutuhan ragam
gaya belajar yang berbeda.