Page 101 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 101

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



                     designed with any one particular group of students with
                     a disability in mind, but rather are designed to address
                     the learning needs of a wide-ranging group (F. Brokop
                     dalam Bates, 2019)


                   Aspek  ketiga  terkait  peserta  didik  adalah  berkenaan  dengan
                   cara mereka belajar. Peserta didik memiliki gaya belajar yang
                   bervariasi,  sehingga  mereka  idealnya  memiliki  preferensi
                   teknologi atau media belajar yang bervariasi pula. Pada tingkat
                   pendidikan tinggi, peserta didik harus secara bertahap digiring
                   dari hal-hal yang bersifat konkrit ke konsep yang abstrak, dan
                   kearah  berpikir  yang  reflektif.  Teknologi  dapat  membantu
                   kita dalam membuat desain pembelajaran seperti ini, dengan
                   menawarkan pilihan-pilihan cara belajar dalam satu matakuliah
                   yang sama. Salah satu cara untuk melakukan ini dapat dengan
                   mendesain matakuliah secara terstruktur, menyediakan bahan
                   ajar  tentang  materi  inti  yang  dapat  diakses  semua  peserta
 90                                                                           91
                   didik,  dan  juga  menyediakan  berbagai  peluang  bagi  peserta
                   didik  untuk  mencari  informasi  atau  materi  tambahan  dalam
                   beragam media (teks, diagram, video, dll). Materi-materi yang
                   ada di berbagai reposiori sumber pembelajaran terbuka (open
                   educational resources) bisa menjadi alternatif bahan pengayaan
                   tersebut.  Dengan  teknologi,  kita  juga  dapat  menyediakan
                   peluang bagi peserta didik untuk melakukan diskusi, membuat
                   poftofolio,  ataupun  melakukan  latihan-latihan  secara  online.
                   Peluang-peluang  kegiatan  tambahan  yang  kita  sediakan  itu
                   meningkatkan  kemungkinan  pemenuhan  kebutuhan  ragam
                   gaya belajar yang berbeda.
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106