Page 106 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 106

BAB 05  BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE



                 4)  Teaching  (Pengajaran):  seberapa  baik  fungsinya  untuk
                    memfasilitasi desain pembelajaran yang akan dilakukan.


                    Setiap  media  memiliki  kapasistas
                    pedagogi yang berbeda. Oleh karena
                    itu,  kunci  efektivitas  pemanfaatan
                    media  yang  dipilih  adalah  desain   Google image labeled for
                    pembelajaran  yang  baik  dan  sesuai   non-commercial reuse
                    tujuan. Berdasarkan bagaimana peserta didik memproses suatu
                    materi yang disajikan melalui multimedia, Mayer (2009 dalam
                    Bates, 2019) mengidentifikasi 12 prinsip yang harus diperhatikan
                    dalam merancang multi media sebagai berikut.
                     a.  Koherensi  –  buat  sesimpel  mungkin  tanpa  kata-kata,
                        gambar, dan suara yang tidak perlu,
                     b.  Penggunaan signal/tanda – signal yang menandai urutan
                        atau materi penting memudahkan orang belajar,
                     c.  Hindari  pengulangan  yang  mubazir  –  orang  belajar  lebih
       96                                                                                                                                                          97
                        baik melalui grafik + narasi dari pada melalui grafik, narasi,
                        dan teks dalam layer,
                     d.  Kesatuan spasial – orang belajar lebih cepat jika gambar dan
                        keterangan diletakkan berdekatan dari pada berjauhan,
                     e.  Kesamaan waktu penyampaian – orang belajar lebih baik
                        ketika kata-kata dan gambar disampaikan secara simultan,
                     f.   Pembagian  materi  berdasarkan  segmen  –  orang  belajar
                        lebih  baik  ketika  materi  disampaikan  secara  bersegmen
                        daripada berkelanjutan,
                     g.  Pemberian bahan belajar pendahluan – orang belajar lebih
                        baik ketika sudah mengetahui topik atau konsep apa yang
                        akan dipelajarinya (seperti konsep flipped classroom),
                     h.  Modus  penyampaian  –  orang  belajara  lebih  baik  melalui
                        grafik dan narasi daripada melalui animasi dan teks dalam
                        monitor (text on screen),
   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111