Page 106 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 106
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
4) Teaching (Pengajaran): seberapa baik fungsinya untuk
memfasilitasi desain pembelajaran yang akan dilakukan.
Setiap media memiliki kapasistas
pedagogi yang berbeda. Oleh karena
itu, kunci efektivitas pemanfaatan
media yang dipilih adalah desain Google image labeled for
pembelajaran yang baik dan sesuai non-commercial reuse
tujuan. Berdasarkan bagaimana peserta didik memproses suatu
materi yang disajikan melalui multimedia, Mayer (2009 dalam
Bates, 2019) mengidentifikasi 12 prinsip yang harus diperhatikan
dalam merancang multi media sebagai berikut.
a. Koherensi – buat sesimpel mungkin tanpa kata-kata,
gambar, dan suara yang tidak perlu,
b. Penggunaan signal/tanda – signal yang menandai urutan
atau materi penting memudahkan orang belajar,
c. Hindari pengulangan yang mubazir – orang belajar lebih
96 97
baik melalui grafik + narasi dari pada melalui grafik, narasi,
dan teks dalam layer,
d. Kesatuan spasial – orang belajar lebih cepat jika gambar dan
keterangan diletakkan berdekatan dari pada berjauhan,
e. Kesamaan waktu penyampaian – orang belajar lebih baik
ketika kata-kata dan gambar disampaikan secara simultan,
f. Pembagian materi berdasarkan segmen – orang belajar
lebih baik ketika materi disampaikan secara bersegmen
daripada berkelanjutan,
g. Pemberian bahan belajar pendahluan – orang belajar lebih
baik ketika sudah mengetahui topik atau konsep apa yang
akan dipelajarinya (seperti konsep flipped classroom),
h. Modus penyampaian – orang belajara lebih baik melalui
grafik dan narasi daripada melalui animasi dan teks dalam
monitor (text on screen),