Page 108 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 108

BAB 05  BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE



                     i.   Penggunaan  kombinasi  multimedia  –  orang  belajar  lebih
                        baik melalui kata-kata dan gambar dari pada hanya melalui
                        kata-kata,
                     j.   Personalisasi – orang belajar lebih baik ketika bahasa yang
                        digunakan bergaya konversasi dari pada gaya formal,
                     k.  Penggunaan suara manusia – orang belajar lebih baik ketika
                        narasi diucapkan oleh manusia daripada oleh mesin, dan
                     l.   Tanpa foto/video narator – penyertaan gambar/foto atau
                        video narrator dalam screen tidak selalu membuat belajar
                        menjadi lebih mudah.


                    Sejalan dengan Mayer, Talbert (dalam Bates 2019) menyebutkan
                    bahwa kunci pada perancangan desain adalah: (1) simpel, (2)
                    pendek, (3) Riel/Nyata, dan (4) kualitas. Atinya, focus pada ide
                    utama,  upayakan  video  berdurasi  5-6  menit,  sajikan  materi
                    dengan contoh, dan produksi video dengan kualitas yang baik.


       98                                                                                                                                                          99
                 5)  Interaction  (Interaksi):  seberapa  baik  fungsinya  untuk
                    memfasilitasi interaksi dalam pembelajaran.








                                              pixabay.com

                    Elemen  berikutnya  dalam  model  seleksi  media  SECTIONS
                    adalah kemampuan media untuk memfasilitasi interaksi dalam
                    pembelajaran.  Elemen  ini  sangat  penting  karena  interaksi
                    merupakan  kunci  kuali  tas  suatu  PJJ,  baik  itu  interaksi  antara
                    peserta  didik  dengan  materi  ajar,  dengan  dosen,  ataupun
                    diantara  mereka  sendiri.  Sebagai  contoh,  kegiatan  membaca
                    materi dan mengerjakan soal-soal latihan atau tes formatif yang
                    dilakukan peserta didik (interaksi antara peserta didik dengan
   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113