Page 108 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 108
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
i. Penggunaan kombinasi multimedia – orang belajar lebih
baik melalui kata-kata dan gambar dari pada hanya melalui
kata-kata,
j. Personalisasi – orang belajar lebih baik ketika bahasa yang
digunakan bergaya konversasi dari pada gaya formal,
k. Penggunaan suara manusia – orang belajar lebih baik ketika
narasi diucapkan oleh manusia daripada oleh mesin, dan
l. Tanpa foto/video narator – penyertaan gambar/foto atau
video narrator dalam screen tidak selalu membuat belajar
menjadi lebih mudah.
Sejalan dengan Mayer, Talbert (dalam Bates 2019) menyebutkan
bahwa kunci pada perancangan desain adalah: (1) simpel, (2)
pendek, (3) Riel/Nyata, dan (4) kualitas. Atinya, focus pada ide
utama, upayakan video berdurasi 5-6 menit, sajikan materi
dengan contoh, dan produksi video dengan kualitas yang baik.
98 99
5) Interaction (Interaksi): seberapa baik fungsinya untuk
memfasilitasi interaksi dalam pembelajaran.
pixabay.com
Elemen berikutnya dalam model seleksi media SECTIONS
adalah kemampuan media untuk memfasilitasi interaksi dalam
pembelajaran. Elemen ini sangat penting karena interaksi
merupakan kunci kuali tas suatu PJJ, baik itu interaksi antara
peserta didik dengan materi ajar, dengan dosen, ataupun
diantara mereka sendiri. Sebagai contoh, kegiatan membaca
materi dan mengerjakan soal-soal latihan atau tes formatif yang
dilakukan peserta didik (interaksi antara peserta didik dengan