Page 110 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 110

BAB 05  BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE



                    kegiatan  dalam  media  tertentu.  Podcast  dapat  dirancang
                    sehingga  siswa  menghentikan  podcast  setiap  beberapa  menit
                    untuk  melakukan  aktivitas  berdasarkan  konten  podcast.
                    Pendekatan ini dapat diterapkan sama seperti pada buku teks,
                    di mana kegiatan dapat dimasukkan, seperti ke halaman web.
                    Sementara  itu,  interaksi  juga  dapat  diinisiasi  oleh  peserta
                    didik.  Misalnya  seseorang  mahasiswa  jurusan  Seni  pergi  ke
                    suatu  galeri  dan  mungkin  secara  kognitif  atau  emosional
                    merespons  lukisan  tertentu  (sementara  yang  lain  mungkin
                    hanya  melirik  atau  melewatinya).  Mahasiswa  tersebut  dapat
                    memilih untuk membuat sketsa atau gambar dari lukisan itu.
                    Pelukisnya mungkin sebenarnya sengaja mendesain karya untuk
                    mendorong refleksi atau analisis, tetapi tidak secara eksplisit,
                    meninggalkan interpretasi karya kepada penonton. Media yang
                    mendorong  peserta  didik  secara  mandiri  untuk  aktif  tanpa
                    intervensi  yang  diperlukan  dari  seorang  guru  atau  instruktur
                    juga  memiliki  keunggulan  biaya,  walaupun  kualitas  interaksi
     100                                                                                                                                                           101
                    akan lebih sulit untuk dipantau atau dinilai.

                    Dari table tersebut terlihat bahwa pengelompokkan teknologi
                    dan  media  dalam  hal  fasilitsi  interaksi  ini  sangat  bersifat
                    abu-abut  karena  banyak  yang  mirip  dan  tumpeng  tindih.
                    Semua  tergantung  desain  pemanfaatannya,  dan  sulit  untuk
                    menyebutkan  media  mana  yang  terbaik  dalam  memfasilitasi
                    interaksi ini.
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115