Page 110 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 110
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
kegiatan dalam media tertentu. Podcast dapat dirancang
sehingga siswa menghentikan podcast setiap beberapa menit
untuk melakukan aktivitas berdasarkan konten podcast.
Pendekatan ini dapat diterapkan sama seperti pada buku teks,
di mana kegiatan dapat dimasukkan, seperti ke halaman web.
Sementara itu, interaksi juga dapat diinisiasi oleh peserta
didik. Misalnya seseorang mahasiswa jurusan Seni pergi ke
suatu galeri dan mungkin secara kognitif atau emosional
merespons lukisan tertentu (sementara yang lain mungkin
hanya melirik atau melewatinya). Mahasiswa tersebut dapat
memilih untuk membuat sketsa atau gambar dari lukisan itu.
Pelukisnya mungkin sebenarnya sengaja mendesain karya untuk
mendorong refleksi atau analisis, tetapi tidak secara eksplisit,
meninggalkan interpretasi karya kepada penonton. Media yang
mendorong peserta didik secara mandiri untuk aktif tanpa
intervensi yang diperlukan dari seorang guru atau instruktur
juga memiliki keunggulan biaya, walaupun kualitas interaksi
100 101
akan lebih sulit untuk dipantau atau dinilai.
Dari table tersebut terlihat bahwa pengelompokkan teknologi
dan media dalam hal fasilitsi interaksi ini sangat bersifat
abu-abut karena banyak yang mirip dan tumpeng tindih.
Semua tergantung desain pemanfaatannya, dan sulit untuk
menyebutkan media mana yang terbaik dalam memfasilitasi
interaksi ini.