Page 118 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 118
BAB 05 BAHAN AJAR PEMBELAJARAN ONLINE
Agar bahan ajar dapat dikembangkan menjadi bahan yang
self-instructional, self-contained, dan menghadirkan nuansa
percakapan tersebut, maka harus dikembangkan secara
sistematis serta meliputi proses perencanaan yang matang
dan melibatkan sejumlah pakar dari berbagai bidang keahlian.
Proses pengembangan bahan ajar akan dijelaskan pada bagian
yang lain.
2. Bahan Ajar Kompilasi
Bahan ajar kompilasi merupakan bahan ajar yang materinya
tidak disusun khusus secara mandiri seperti bahan ajar
utuh. Bahan ajar kompilasi, sesuai namanya, disusun dengan
menggabungkan berbagai bahan dari sumber-sumber yang
berbeda sehingga membentuk satu paket bahan ajar lengkap
sesuai kebutuhan kurikulum. Dengan demikian, bahan ajar
kompilasi juga harus disusun berdasarkan kurikulum dan
rancangan matakuliah yang telah ditetapkan, dan tidak bersifat
108 109
acak. Pada era digital ini, khususnya dengan banyaknya sumber
belajar terbuka seperti open educational resources atau OERs,
semakin banyak penyelenggara pembelajaran jarak jauh dan
online yang mengembangkan bahan ajarnya melalui pendekatan
kompilasi. Pengembangan bahan ajar dengan kompilasi ini
dinilai oleh beberapa pengembangan sebagai cara yang lebih
efisien dan murah jika dibandingkan dengan harus membuat
semuanya secara mandiri.
Bahan ajar kompilasi juga dapat terdiri dari satu jenis media
ataupun multi media. Bahan-bahan ajar terbuka yang dapat
dikompilasi dapat dicari dari berbagai sumber belajar digital
ataupun online yang tersedia di internet. Beberapa sumber
belajar yang dapat dijadikan tempat mencari misalnya situs OER
Commons (www.oercommons.org), MERLOT (www.merlot.
org), MIT OpenCourseWare (ocw.mit.edu/index.htm), Open