Page 123 - Pembelajaran Online (Edisi 2)
P. 123

BUKU PEMBELAJARAN ONLINE



               Programer  aplikasi  pembelajaran  atau  web-designer  adalah
               seorang  (atau  sekelompok  orang)  yang  bertanggung  jawab  untuk
               mengembangkan  materi  pembelajaran  ke  dalam  format  yang
               dapat  digunakan  secara  online.  Programer  aplikasi  pembelajaran
               berperan untuk memastikan bahwa bahan ajar yang dikembangkan
               dapat  diunggah  dan  dijalankan  dalam  sistem  yang  digunakan
               sesuai Rancangan Mata Pelajaran dan atau storyboard yang telah
               dikembangkan. Hasil kerjasama dari setiap elemen tim pengembang
               tersebut berbeda sesuai dengan peran masing-masing. Gambar 5.2
               meringkas secara garis besar luaran atau output yang dihasilkan oleh
               setiap elemen tim pengembang.


               Di  bawah  koordinasi  seorang  course  manager,  ahli  materi  akan
               bekerja  sama  dengan  ahli  desain  instruksional  untuk  membuat
               perencanaan  dengan  cara  memetakan  tujuan  pembelajaran  dari
               mulai tujuan akhir hingga tujuan-tujuan antara yang harus dicapai
               oleh  pembelajar.  Proses  ini  disebut  sebagai  analisis  instruksional
 112                                                                          113
               atau  analisis  kompetensi.  Hasil  dari  proses  ini  adalah  peta
               keseluruhan  tujuan  instruksional/kompetensi  yang  ingin  dicapai
               secara komprehensif, mulai dari tujuan/kompetensi terendah hingga
               tujuan akhir/kompetensi utama yang ingin dicapai. Berdasarkan peta
               kompetensi  itulah  kemudian  ahli  materi  mengembangkan  silabus,
               yaitu daftar topik bahasan atau bagian yang harus dikembangkan
               untuk  mencapai  setiap  kompetensi.  Kemudian,  bersama-sama
               dengan  ahli  media,  langkah  selanjutnya  adalah  mengidentifikasi
               dan  merencanakan  pemanfaatan  media  pembelajaran  apa  yang
               akan digunakan untuk setiap tujuan/kompetensi agar penyampaian
               materi  menjadi  jelas  dan  menarik  sehingga  mudah  diikuti  oleh
               pembelajar.
   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128