Page 349 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 349

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      beberapa hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, pemanfaatan
                      tablet PC dapat memberikan reaksi yang berbeda-beda dari siswa.
                      Berdasarkan hasil penelitian Rahayu dkk (2011), tablet dengan ukuran layar
                      7 inci lebih diminati dibandingkan yang ukuran besar karena handy, mudah
                      dibawa ke mana saja. Selain itu, pemanfaatan tablet PC dapat meningkatkan
                      pemahaman materi sekitar 160%. Lebih lanjut, Ry (2012) menjelaskan bahwa
                      tablet bermanfaat dalam pembelajaran karena menarik, dapat membantu
                      pembelajar yang memiliki kelemahan motorik dalam menggunakan mouse
                      komputer,  dan  memberikan  kepuasan  tersendiri  pada  para  pembelajar.
                      Melalui tablet PC, siswa dapat dengan cepat mencari sumber-sumber belajar
                      yang tersedia di internet, menonton video, gambar, atau artikel dengan lebih
                      mudah, yang tidak didapatkan dari buku teks. Namun demikian, kelemahan
                      dari pemanfaatan tablet dalam pembelajaran adalah kurang terjangkau oleh
                      pembelajar pada tingkat ekonomi rendah karena banyak sumber pembelajaran
                      di internet yang tidak gratis. Di samping keterbatasan dan kelemahan tablet
                      PC sebagai media pembelajaran, optimisme keberhasilan penggunaan tablet
                      PC perlu dipupuk mengingat potensi tablet PC sebagai media pembelajaran
                      yang memiliki kelebihan dibandingkan buku teks biasa.



                      3.  Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Tablet di Universitas Terbuka
                      Universitas Terbuka sebagai salah satu pendidikan tinggi jarak jauh  diharapkan
                      dapat memanfaatkan potensi  m-learning untuk meningkatkan interaksi
                      pembelajaran. Beberapa alasan yang mendasari hal ini adalah pertama,
                      munculnya generasi pembelajar yang memiliki pemahaman teknologi yang
                      lebih baik, bersifat mobile, dan senang mencoba hal baru; kedua, ketersediaan
                      teknologi yang lebih baik dan makin terjangkau di Indonesia; ketiga konsep
                      pembelajaran pada PTJJ, yaitu belajar di mana saja dan kapan saja.
                      Menyikapi perkembangan perangkat tablet di Indonesia yang diiringi dengan
                      harga tablet yang semakin terjangkau oleh masyarakat, pada tahun 2011
                      Universitas  Terbuka melakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar
                      berbasis tablet. Secara garis besar, ada tiga (3) tahapan besar yang dilakukan,
                      yaitu studi awal, pengembangan bahan ajar tablet, dan evaluasi.



                                                                                 339
   344   345   346   347   348   349   350   351   352   353   354