Page 349 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 349
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
beberapa hasil penelitian yang telah diuraikan sebelumnya, pemanfaatan
tablet PC dapat memberikan reaksi yang berbeda-beda dari siswa.
Berdasarkan hasil penelitian Rahayu dkk (2011), tablet dengan ukuran layar
7 inci lebih diminati dibandingkan yang ukuran besar karena handy, mudah
dibawa ke mana saja. Selain itu, pemanfaatan tablet PC dapat meningkatkan
pemahaman materi sekitar 160%. Lebih lanjut, Ry (2012) menjelaskan bahwa
tablet bermanfaat dalam pembelajaran karena menarik, dapat membantu
pembelajar yang memiliki kelemahan motorik dalam menggunakan mouse
komputer, dan memberikan kepuasan tersendiri pada para pembelajar.
Melalui tablet PC, siswa dapat dengan cepat mencari sumber-sumber belajar
yang tersedia di internet, menonton video, gambar, atau artikel dengan lebih
mudah, yang tidak didapatkan dari buku teks. Namun demikian, kelemahan
dari pemanfaatan tablet dalam pembelajaran adalah kurang terjangkau oleh
pembelajar pada tingkat ekonomi rendah karena banyak sumber pembelajaran
di internet yang tidak gratis. Di samping keterbatasan dan kelemahan tablet
PC sebagai media pembelajaran, optimisme keberhasilan penggunaan tablet
PC perlu dipupuk mengingat potensi tablet PC sebagai media pembelajaran
yang memiliki kelebihan dibandingkan buku teks biasa.
3. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Tablet di Universitas Terbuka
Universitas Terbuka sebagai salah satu pendidikan tinggi jarak jauh diharapkan
dapat memanfaatkan potensi m-learning untuk meningkatkan interaksi
pembelajaran. Beberapa alasan yang mendasari hal ini adalah pertama,
munculnya generasi pembelajar yang memiliki pemahaman teknologi yang
lebih baik, bersifat mobile, dan senang mencoba hal baru; kedua, ketersediaan
teknologi yang lebih baik dan makin terjangkau di Indonesia; ketiga konsep
pembelajaran pada PTJJ, yaitu belajar di mana saja dan kapan saja.
Menyikapi perkembangan perangkat tablet di Indonesia yang diiringi dengan
harga tablet yang semakin terjangkau oleh masyarakat, pada tahun 2011
Universitas Terbuka melakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar
berbasis tablet. Secara garis besar, ada tiga (3) tahapan besar yang dilakukan,
yaitu studi awal, pengembangan bahan ajar tablet, dan evaluasi.
339