Page 344 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 344

V.3.
                 MATERI PEMBELAJARAN
                 BERBASIS TABLET

                 Ucu Rahayu, Maya Maria, Kurnia Endah Riana, dan Meirani Harsasi




                 1.  Pendahuluan
                 Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semakin nyata
                 dalam berbagai bidang, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Konsep
                 pendidikan konvensional yang menekankan  proses belajar secara tatap muka
                 atau pertemuan secara fisik antara dosen dengn mahasiswa semakin bergeser
                 seiring dengan perkembangan  TIK. Pembelajaran yang mengharuskan
                 pertemuan secara fisik antara dosen dan mahasiswa memang memiliki berbagai
                 kelebihan, antara lain dosen dapat mengobservasi secara langsung respons
                 mahasiswa selama  proses  pembelajaran  berlangsung. Namun demikian,
                 proses pembelajaran seperti itu juga memiliki kelemahan, antara lain apabila
                 mahasiswa tidak dapat menghadiri proses belajar di kelas, kemungkinan besar
                 mahasiswa akan tertinggal materi yang diajarkan. Permasalahan tersebut
                 akan semakin bertambah, untuk masyarakat yang berminat melanjutkan
                 pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi, tetapi memiliki kendala geografis.
                 Faktor geografis menyebabkan masyarakat tersebut kehilangan kesempatan
                 untuk belajar di perguruan tinggi. Kendala semacam itu dapat dijembatani


                 334
   339   340   341   342   343   344   345   346   347   348   349