Page 344 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 344
V.3.
MATERI PEMBELAJARAN
BERBASIS TABLET
Ucu Rahayu, Maya Maria, Kurnia Endah Riana, dan Meirani Harsasi
1. Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semakin nyata
dalam berbagai bidang, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Konsep
pendidikan konvensional yang menekankan proses belajar secara tatap muka
atau pertemuan secara fisik antara dosen dengn mahasiswa semakin bergeser
seiring dengan perkembangan TIK. Pembelajaran yang mengharuskan
pertemuan secara fisik antara dosen dan mahasiswa memang memiliki berbagai
kelebihan, antara lain dosen dapat mengobservasi secara langsung respons
mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Namun demikian,
proses pembelajaran seperti itu juga memiliki kelemahan, antara lain apabila
mahasiswa tidak dapat menghadiri proses belajar di kelas, kemungkinan besar
mahasiswa akan tertinggal materi yang diajarkan. Permasalahan tersebut
akan semakin bertambah, untuk masyarakat yang berminat melanjutkan
pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi, tetapi memiliki kendala geografis.
Faktor geografis menyebabkan masyarakat tersebut kehilangan kesempatan
untuk belajar di perguruan tinggi. Kendala semacam itu dapat dijembatani
334