Page 345 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 345

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      dengan pemanfaatan TIK yang memungkinkan dosen dan mahasiswa tetap
                      dapat melakukan proses pembelajaran tanpa harus ada pertemuan secara
                      fisik.
                      Tulisan ini akan memaparkan pembelajaran berbasis tablet yang menjadi
                      solusi pembelajaran dalam era digital. Dalam paper ini, akan diuraikan lebih
                      dalam terkait  mobile  learning, pemanfaatan tablet PC dalam pendidikan
                      tinggi, dan pengembangan bahan ajar berbasis tablet di Universitas Terbuka.



                      Mobile learning (m-learning)

                      Pembelajaran melalui internet, pembelajaran  online,  e-learning, ataupun
                      kelas virtual merupakan konsep pembelajaran yang berkembang dengan
                      cepat dan diadaptasi di berbagai negara.  E-learning dalam beberapa
                      tahun terakhir telah memfasilitasi perkembangan program-program yang
                      memanfaatkan teknologi berbasis internet di berbagai universitas. Saat ini
                      semakin berkembang pula konsep pembelajaran yang dikenal sebagai mobile
                      learning atau m-learning sebagai bagian dari e-learning. Pembelajaran mobile
                      atau mobile learning merupakan satu langkah ke depan dalam perkembangan
                      pembelajaran elektronik (Fagerberg, Rekkedal, & Russell, 2002). Berbagai
                      definisi mengenai  m-learning telah dikemukakan oleh para ahli yang
                      merujuk pada proses belajar yang dapat dilakukan secara  mobile dengan
                      memanfaatkan teknologi.

                      M-learning merupakan suatu bentuk inovasi yang memberikan kesempatan
                      kepada pembelajar untuk dapat belajar di mana saja atau tidak terikat dalam
                      suatu tempat belajar. Georgiev, et al. (2004) mengemukakan bahwa m-learning
                      merupakan proses pembelajaran yang memiliki kemampuan untuk dilakukan
                      di mana saja setiap saat, tanpa harus terkoneksi fisik secara permanen dengan
                      jaringan kabel. M-learning dapat dilakukan dengan memanfaatkan peralatan
                      komunikasi mobile dan portabel, seperti PDA, handphone, komputer portabel,
                      dan tablet PC. Peralatan komunikasi yang digunakan harus dapat terhubung
                      dengan peralatan komputer yang lain sebagai sarana untuk menyampaikan
                      informasi dan juga sebagai sarana antarguru dan siswa bertukar pikiran dan




                                                                                 335
   340   341   342   343   344   345   346   347   348   349   350