Page 345 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 345
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
dengan pemanfaatan TIK yang memungkinkan dosen dan mahasiswa tetap
dapat melakukan proses pembelajaran tanpa harus ada pertemuan secara
fisik.
Tulisan ini akan memaparkan pembelajaran berbasis tablet yang menjadi
solusi pembelajaran dalam era digital. Dalam paper ini, akan diuraikan lebih
dalam terkait mobile learning, pemanfaatan tablet PC dalam pendidikan
tinggi, dan pengembangan bahan ajar berbasis tablet di Universitas Terbuka.
Mobile learning (m-learning)
Pembelajaran melalui internet, pembelajaran online, e-learning, ataupun
kelas virtual merupakan konsep pembelajaran yang berkembang dengan
cepat dan diadaptasi di berbagai negara. E-learning dalam beberapa
tahun terakhir telah memfasilitasi perkembangan program-program yang
memanfaatkan teknologi berbasis internet di berbagai universitas. Saat ini
semakin berkembang pula konsep pembelajaran yang dikenal sebagai mobile
learning atau m-learning sebagai bagian dari e-learning. Pembelajaran mobile
atau mobile learning merupakan satu langkah ke depan dalam perkembangan
pembelajaran elektronik (Fagerberg, Rekkedal, & Russell, 2002). Berbagai
definisi mengenai m-learning telah dikemukakan oleh para ahli yang
merujuk pada proses belajar yang dapat dilakukan secara mobile dengan
memanfaatkan teknologi.
M-learning merupakan suatu bentuk inovasi yang memberikan kesempatan
kepada pembelajar untuk dapat belajar di mana saja atau tidak terikat dalam
suatu tempat belajar. Georgiev, et al. (2004) mengemukakan bahwa m-learning
merupakan proses pembelajaran yang memiliki kemampuan untuk dilakukan
di mana saja setiap saat, tanpa harus terkoneksi fisik secara permanen dengan
jaringan kabel. M-learning dapat dilakukan dengan memanfaatkan peralatan
komunikasi mobile dan portabel, seperti PDA, handphone, komputer portabel,
dan tablet PC. Peralatan komunikasi yang digunakan harus dapat terhubung
dengan peralatan komputer yang lain sebagai sarana untuk menyampaikan
informasi dan juga sebagai sarana antarguru dan siswa bertukar pikiran dan
335