Page 348 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 348
menggunakan pena tersebut kemudian didigitalisasikan dan dapat dialihkan
menjadi bentuk teks standar atau tetap sebagai tulisan tangan (Webopedia,
2004).
Tablet PC merupakan teknologi mobile yang dapat dimanfaatkan pula dalam
dunia pendidikan. Beberapa ahli dan peneliti sangat yakin akan penggunaan
tablet PC dan dampak positifnya dalam dunia pendidikan khususnya terkait
dengan kemampuan konektivitas, mudah dibawa, dan berbagai fungsi yang
sesuai dalam pendidikan, seperti menggantikan fungsi buku catatan dan
papan tulis. Beberapa penelitian pun telah dilakukan dan berfokus pada
penggunaan tablet PC pada pendidikan tinggi. McFall and Dahm (2004)
meneliti pengembangan buku teks elektronik pada tablet PC. Penelitian
dilakukan untuk menganalisis efektivitas digitalisasi buku teks yang meliputi
fleksibilitas konten, kemampuan integrasi dengan sumber dari luar, serta
kolaborasi antara siswa dan instruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kelemahan utama digitalisasi buku teks adalah kekurangnyamanan pada saat
siswa membaca dibandingkan dengan membaca buku teks biasa. Penelitian
oleh Corlet dan Sharples (2004) menunjukkan hasil bahwa penggunaan tablet
PC tidak serta-merta dapat mengubah atau meningkatkan proses belajar siswa
walaupun untuk tablet PC telah dilengkapi pena stylus yang memudahkan
siswa untuk menulis atau mencatat. Beberapa kelebihan tablet PC bagi
siswa antara lain adalah kemudahan ketika mengirim email, sms, dan saling
berbagi sumber belajar elektronik. Demikian pula hasil penelitian dari Weitz,
et al. (2006) yang melakukan penelitian mengenai pemanfaatan tablet PC
untuk mahasiswa. Hasil yang diperoleh adalah (1) hanya beberapa responden
yang termotivasi untuk langsung menggunakan tablet PC, sebagian lagi
menyatakan ketertarikannya untuk mengubah komputer notebook mereka
menjadi tablet PC serta (2) sebagian besar responden yakin akan keberhasilan
penggunaan tablet PC dalam kelas dan meyakini adanya dampak positif
penggunaan tablet PC bagi pembelajaran.
Pemanfaatan tablet PC dalam bidang pendidikan memang masih memberikan
hasil yang kontradiktif. Seperti pemanfaatan teknologi pada umumnya,
pemanfaatan tablet PC juga perlu diterapkan dengan bijaksana dengan
memperhatikan kondisi siswa, guru, dan tingkat penyerapan teknologi. Seperti
338