Page 348 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 348

menggunakan pena tersebut kemudian didigitalisasikan dan dapat dialihkan
                 menjadi bentuk teks standar atau tetap sebagai tulisan tangan (Webopedia,
                 2004).
                 Tablet PC merupakan teknologi mobile yang dapat dimanfaatkan pula dalam
                 dunia pendidikan. Beberapa ahli dan peneliti sangat yakin akan penggunaan
                 tablet PC dan dampak positifnya dalam dunia pendidikan khususnya terkait
                 dengan kemampuan konektivitas, mudah dibawa, dan berbagai fungsi yang
                 sesuai dalam pendidikan, seperti menggantikan fungsi buku catatan dan
                 papan tulis. Beberapa penelitian pun telah dilakukan dan berfokus pada
                 penggunaan tablet PC pada pendidikan tinggi. McFall and Dahm (2004)
                 meneliti pengembangan buku teks elektronik pada tablet PC. Penelitian
                 dilakukan untuk menganalisis efektivitas digitalisasi buku teks yang meliputi
                 fleksibilitas konten, kemampuan integrasi dengan sumber dari luar, serta
                 kolaborasi antara siswa dan instruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
                 kelemahan utama digitalisasi buku teks adalah kekurangnyamanan pada saat
                 siswa membaca dibandingkan dengan membaca buku teks biasa. Penelitian
                 oleh Corlet dan Sharples (2004) menunjukkan hasil bahwa penggunaan tablet
                 PC tidak serta-merta dapat mengubah atau meningkatkan proses belajar siswa
                 walaupun untuk tablet PC telah dilengkapi pena stylus yang memudahkan
                 siswa untuk menulis atau mencatat. Beberapa kelebihan tablet PC bagi
                 siswa antara lain adalah kemudahan ketika mengirim email, sms, dan saling
                 berbagi sumber belajar elektronik. Demikian pula hasil penelitian dari Weitz,
                 et al. (2006) yang melakukan penelitian mengenai pemanfaatan tablet PC
                 untuk mahasiswa. Hasil yang diperoleh adalah (1) hanya beberapa responden
                 yang termotivasi untuk langsung menggunakan tablet PC, sebagian lagi
                 menyatakan ketertarikannya untuk mengubah komputer  notebook mereka
                 menjadi tablet PC serta (2) sebagian besar responden yakin akan keberhasilan
                 penggunaan tablet PC dalam kelas dan meyakini adanya dampak positif
                 penggunaan tablet PC bagi pembelajaran.
                 Pemanfaatan tablet PC dalam bidang pendidikan memang masih memberikan
                 hasil yang kontradiktif. Seperti pemanfaatan teknologi pada umumnya,
                 pemanfaatan tablet PC juga perlu diterapkan dengan bijaksana dengan
                 memperhatikan kondisi siswa, guru, dan tingkat penyerapan teknologi. Seperti


                 338
   343   344   345   346   347   348   349   350   351   352   353