Page 350 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 350

a.  Tahap Pertama: Studi Awal

                    Pada tahap ini, dilakukan identifikasi konten yang dapat mendukung
                    perangkat tablet. Berdasarkan hasil identifikasi, diperlukan pengembangan
                    bahan ajar (BMP) digital dan materi-materi pengayaan dari sumber
                    terbuka (open educational resources) yang relevan dengan materi BMP.
                    Pada  tahap ini,  juga  ditentukan  tablet  yang  akan  digunakan  sebagai
                    perangkat bergerak yang akan memuat materi-materi pembelajaran
                    tersebut.

                    Bahan ajar digital dikembangkan dari bahan ajar cetak yang tersedia
                    setelah melalui proses pengembangan bahan ajar sehingga bersifat
                    self-content dan  self-instruction.  Tahapan pengembangan bahan
                    ajar  cetak  dimulai  dengan  analisis kebutuhan pengguna, kemudian
                    dilanjutkan dengan  pengembangan rancangan mata kuliah (RMK) yang
                    meliputi penyusunan analisis instruksional (AI) dan garis besar program
                    pembelajaran (GBPP). Pada RMK, kompetensi umum dan khusus yang
                    menjadi tujuan pembelajaran terpetakan dengan jelas. Selain itu, pada
                    RMK pengalaman belajar, media, jenis evaluasi, dan referensi utama yang
                    digunakan dalam mengembangkan setiap topik/subtopik pada bahan
                    ajar  juga diuraikan secara perinci.

                    Mengacu pada RMK, penulis bahan ajar mengembangkan materi ajar.
                    Bahan ajar didesain dan disusun memenuhi sifat dan karakter pendidikan
                    jarak jauh, yaitu pada awal BMP terdapat tinjauan mata kuliah, kompetensi
                    yang diharapkan dicapai oleh mahasiswa setelah mempelajari keseluruhan
                    BMP, dan analisis instruksional. Lebih jauh, pada setiap modul itu sendiri
                    terdapat sapaan dan motivasi untuk pembelajar, kompetensi umum dan
                    khusus yang diharapkan dicapai oleh mahasiswa setelah mempelajari
                    modul, keterkaitan materi antarmodul, panduan mempelajari modul
                    secara mandiri, kegiatan belajar/materi, contoh dan noncontoh, latihan,
                    rangkuman materi, tes formatif, rambu-rambu penyelesaian tes formatif,
                    daftar pustaka, dan glosarium. Draf naskah modul yang sudah ditulis oleh
                    penulis kemudian direviu materi oleh pakar lain sebidang dan direviu
                    desain instruksional oleh pengampu mata kuliah. Setelah itu, bahan



                 340
   345   346   347   348   349   350   351   352   353   354   355