Page 351 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 351
UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI
ajar difinalisasi dan diedit siap untuk disimpan dalam bentuk digital
(Suparman, 2010).
Pada studi awal ini, setelah bahan ajar digital tersedia, dilakukan
identifikasi materi/topik digital BMP yang memerlukan pengayaan,
visualisasi, atau penjelasan lebih lanjut. Kemudian, dilakukan pencarian
dan pengelompokan materi pengayaan yang akan disisipkan atau
ditambahkan ke dalam materi BMP digital. Materi pengayaan bersumber
dari open educational resources (OER) di bawah lisensi creative common,
baik yang tersedia di website UT (seperti ITV, web suplement) maupun
sumber lainnya, seperti youtube, Prentice Hall, dll.
Hasil identifikasi ini kemudian dituangkan ke dalam tabel hasil identifikasi
OER sebagaimana Tabel 1 berikut.
Tabel 1.
Identifikasi OER
Bentuk media Nama
Modul, KB, Tanggal Ket
No. Judul Topik Laman flash/video/ pengembang
Subtopik unduh (durasi)
audio/CAI (kalau ada)
1 Operations Modul 1, KB http://www. Video
Management 1, subtopik: youtube.com/
Pengertian watch?v=-Xe
dan Peran qxPw5heE&
Manajemen feature=related
Operasi (hal 1.2.)
dst
Adapun penjelasan pengisian per kolom pada tabel sebagai berikut.
1. Kolom 1 dituliskan nomor urut.
2. Kolom 2 dituliskan nomor modul dan kegiatan belajar, subtopik, dan
nomor halaman pada BMP digital.
3. Kolom 3 dituliskan laman atau alamat sumber, misalkan video itu
diperoleh dari youtube dengan alamat http://www.youtube.com/.....
341