Page 346 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 346

pendapat. M-learning adalah pembelajaran yang unik karena memungkinkan
                 pembelajar untuk mengakses materi pembelajaran, arahan, dan aplikasi yang
                 berkaitan dengan pembelajaran, kapan pun dan di mana pun. Hal ini akan
                 meningkatkan perhatian pada materi pembelajaran, membuat pembelajaran
                 menjadi persuasif, dan dapat memotivasi pembelajar kepada pembelajaran
                 sepanjang hayat (lifelong learning).
                 Penelitian mengenai  m-learning menunjukkan hasil yang berbeda-beda di
                 beberapa negara. Oleh karena itu, para peneliti harus mempelajari kondisi suatu
                 negara tertentu ketika meneliti  m-learning (Nassuora, 2012). Pemanfaatan
                 m-learning sering kali harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang
                 dihadapi, terutama kesiapan siswa dan guru untuk menggunakan teknologi.
                 James  (2010)  melakukan  penelitian  mengenai  penerimaan  siswa  terhadap
                 m-learning di Arab Saudi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa belum
                 siap  melakukan  pembelajaran  menggunakan  perangkat  mobile,  beberapa
                 siswa kurang menyukai penggunaan aplikasi-aplikasi dalam perangkat
                 mobile. Kendala-kendala semacam ini perlu mendapat perhatian dengan
                 menemukan  cara-cara  baru  untuk  menerapkan  m-learning  dalam  proses
                 pembelajaran. Tidak semua siswa, bahkan guru, siap dan suka dengan cara
                 belajar melalui media, bahkan ketidakmampuan dan kekurangsukaan mereka
                 dalam mengoperasikan dan mengoptimalkan penggunaan perangkat mobile
                 dapat menjadi satu kendala besar. Bagaimanapun berbagai perangkat yang
                 tersedia hanya berfungsi  sebagai  alat, penggunanyalah yang memegang
                 peran penting dalam pemanfaatan berbagai perangkat tersebut.

                 Di samping kelemahan yang ada dalam m-learning, beberapa pihak sangat
                 mendukung dan optimis terhadap keberhasilan  m-learning. Dengan
                 m-learning sangat memungkinkan materi diberikan dalam berbagai bentuk,
                 tidak hanya terbatas pada teks dan gambar sehingga materi menjadi lebih
                 menarik. Dalam dunia pendidikan, beberapa manfaat penerapan m-learning
                 antara lain sebagai berikut (Quality Improvement Agency, 2010).
                 1.  Siswa dapat saling berinteraksi dengan  siswa lain dan guru, tidak hanya
                    berada di belakang layar monitor atau menghadapi buku teks.





                 336
   341   342   343   344   345   346   347   348   349   350   351