Page 212 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 212
Meskipun sosialisai kebijakan ini telah disampaikan UT, dalam hal
penyelenggaraan tuton, terbitnya SK tersebut memiliki dua implikasi bagi para
tutor tuton. Pertama, tutor harus menyampaikan kebijakan ini kepada para
mahasiswa agar mereka siap. Mereka harus belajar dengan lebih baik karena
nilai akhir tuton akan membantu jika memang skor UAS telah sesuai dengan
ketentuan yang telah ditetapkan. Kedua, semua tutor harus memastikan
bahwa setiap materi inisiasi harus disusun dan didesain sedemikian rupa
agar mahasiswa termotivasi dalam mempelajari mata kuliah yang sedang
diregistrasikan mereka. Materi, diskusi, dan tugas harus benar-benar
memancing mahasiswa untuk lebih giat belajar. Jika tidak, tatkala mereka
mengerjakan UAS dan ternyata skor mereka di bawah batas kelulusan, maka
nilai akhir tuton sebesar apa pun tidak akan berkontribusi terhadap nilai akhir.
Jika ini terjadi, mahasiswa dapat menjadi frustasi dan malas mengikuti tuton.
5. Tuton Program Pascasarjana
Pada tahun 2014 Program Pascasarjana (PPs) menawarkan 4 Program
Magister, yaitu Magister Administrasi Publik, Magister Manajemen, Magister
Manajemen Perikanan, dan Magister Pendidikan Matematika, dengan jumlah
mahasiswa kurang lebih 1500 mahasiswa. Sistem pembelajaran PPs dikemas
sebagai triangle of learning yang merupakan integrasi antara belajar mandiri,
tutorial tatap muka dan tuton. Mahasiswa melakukan belajar mandiri dengan
mempelajari Buku Materi Pokok (BMP) serta mengikuti tutorial tatap muka
4 kali setiap semester per mata kuliah untuk memperoleh pendalaman
dan penjelasan substansi yang belum dipahami, dan mengikuti tuton yang
berjalan sepanjang semester untuk setiap matakuliah.
Tuton dalam program PPs bersifat wajib, dan mempunyai kontribusi kepada
nilai akhir mata kuliah. Bahkan, sesuai kebijakan akademik, bagi mahasiswa
yang sama sekali tidak mengakses tuton, penilaian akhir matakuliah tidak akan
diproses. Dalam setiap semester PPs menyelenggarakan tutorial online untuk
4 program studi magister, sebanyak 51 mata kuliah. Proses pembelajaran
dalam tuton diatur dalam delapan tahap melalui pemberian materi inisiasi
yang merupakan trigger pembahasan tema-tema tertentu dalam suatu mata
202