Page 216 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 216

kualitas penyelenggaraan tuton merupakan tuntutan yang harus segera
                 dituntaskan. Dengan penjaminan kualitas, maka kualitas dan kuantitas SDM
                 yang memenuhi kriteria,  pengelolaan kelas yang memenuhi harapan tutor,
                 sinkronisasi data mahasiswa yang cepat tepat akurat, dan koordinasi antar-
                 unit kerja yang mantap, akan mudah diwujudkan sehingga penyelenggaraan
                 tuton pun semakin baik. Dalam hal pembinaan terhadap para tutor yang
                 tidak maksimal dalam memberikan tutorial, baik dosen di UT Pusat maupun
                 di UPBJJ-UT, maka upaya pengingatan secara persuasif harus terus dilakukan.
                 Mengingat keseharian kegiatannya dipenuhi dengan tugas operasional,
                 mungkin sudah saatnya dipikirkan untuk pemberian  reward bagi dosen di
                 UPBJJ-UT yang berperan aktif dalam memberikan tuton.
                 Berkenaan dengan tuton Program Pendas yang komposisi antara dosen
                 dengan mata kuliah tidak berimbang, berbagai upaya harus terus dicoba
                 untuk memudahkan pengelolaan kelas bagi penyelenggaraan tuton program
                 ini. Menyikapi pemberlakuan penetapan Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor
                 3747/UN31/KEP/2013, format penyelenggaraan tuton, khususnya dalam
                 hal materi inisiasi,  diskusi, dan tugas harus dapat  semaksimal mungkin
                 mendorong keingintahuan atau semangat belajar mahasiswa. Dengan bekal
                 ini, ketika menghadapi UAS mereka telah siap.
                 Khusus Program PPs, tuton telah menjadi layanan yang tidak terpisahkan.
                 Tuton adalah layanan yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Bahkan, sejak masa
                 registrasi 2013.2, terdapat Program di PPs yang fully online. Pengetahuan dan
                 keterampilan mahasiswa dalam penggunaan internet dan kondisi infrastruktur
                 jaringan di daerahlah yang mungkin menjadi hambatan dan harus senantiasa
                 diperhatikan
















                 206
   211   212   213   214   215   216   217   218   219   220   221