Page 219 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 219

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI

                      perguruan tinggi, instansi lain, dan  sekolah-sekolah. Disamping itu, UT juga
                      menyediakan fasilitas layanan bantuan belajar untuk membantu mahasiswa
                      dalam  melaksanakanpraktik dan praktikum,diantaranya denganmenyediakan
                      fasilitas Dry Lab. Dry Lab merupakan multimedia interaktif berbantuan
                      komputer yang berisi teori, petunjuk pelaksanaan, animasi, dan simulasi
                      praktik  dan  praktikum  yang  dapat  dimanfaatkan  oleh  mahasiswa  secara
                      mandiri atau sebagai bekal mahasiswa sebelum melaksanakan praktik dan
                      praktikum di laboratorium atau di lapangan.


                      2.  Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi
                      Di era teknologi informasi dan telekomunikasi (TIK) ini, peranan pembelajaran
                      dengan memanfaatkan  TIK (e-learning) bagi UT sebagai  penyelenggara
                      SBJJ sangatlah vital. Bahan ajar yang dikemas dalam bentuk multimedia
                      dan dioperasikan melalui komputer memberikan beberapa fleksibilitas bagi
                      mahasiswa, di antaranya fleksibel dalam tempat dan waktu belajar. Selain itu,
                      pembelajaran multimedia juga efektif dari sisi pelibatan banyak indera dalam
                      proses belajar sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar.
                      Selain itu, multimedia juga fleksibel dalam mengakomodasi  kecepatan belajar
                      mahasiswa yang sangat beragam. Hal ini ditegaskan oleh hasil penelitian
                      Hardono (Asandhimitra, dkk, 2004) yang menyatakan bahwa komputer dapat
                      dimanfaatkan untuk melakukan pencatatan kemajuan belajar masing-masing
                      individu sehingga dapat diperoleh informasi kelompok individu yang belajar
                      dengan cepat, sedang, atau lambat, yang pada akhirnya dapat diberikan
                      perlakuan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan kelompok yang telah
                      diindentifikasi.

                      Kelebihan lainnya dari multimedia dalam pembelajaran jarak jauh adalah
                      memungkinkan adanya komunikasi dua arah. Sebagaimana diketahui,
                      salah satu kelemahan dari pendidikan jarak jauh adalah minim dan sangat
                      terbatasnya umpan balik yang dapat diterimamahasiswa terkait denganproses
                      dan hasil belajar yang telah ditempuh. Hal ini berdampak pada kurangnya aspek
                      penguatan  terhadap  keberhasilan  belajar  mahasiswa,  yang  akhirnya  akan
                      mengakibatkan rendahnya motivasi belajar mereka. Pada sistem pembelajaran



                                                                                 209
   214   215   216   217   218   219   220   221   222   223   224