Page 220 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 220
jarak jauh,multimedia interaktif memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan
untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, karena memungkinkan
adanya interaksi langsung antara mahasiswa dengan materi pembelajaran,
dapat memberikan umpan balik dengan segera kepadamahasiswa, dapat
menciptakan proses belajar secara berkesinambungan, proses belajar dapat
berjalan secara individual sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan belajar
mahasiswa, dan dapat menampilkan unsur audio visual untuk meningkatkan
minat belajarmahasiswa..
Dibandingkan dengan media pembelajaran lainnya, seperti kaset, televisi,
atau film multimedia interaktiflebih memungkinkan mahasiswamenjadi aktif
bermain dengan informasi. Hal yang sukar dicapai oleh media lain, misalnya
buku teks, memungkinkan untuk dicapai melalui TIK karena pembelajaran
dapat dibuat menjadi interaktif. Pemanfaatan komputer sebagai “player”
multimedia interaktif tidak hanya secara stand alone, tetapi dapat
dimanfaatkan dalam bentuk suatu jaringan. Jaringan komputer atau computer
network memungkinkan proses belajar menjadi lebih luas, lebih interaktif, dan
lebih fleksibel. Proses belajar tidak dibatasi oleh faktor ruang dan waktu.Jika
ada fasilitas jaringan mahasiswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja.
Jaringan komputer sebagai media pendidikan mempunyai kelebihan, yaitu
memungkinkan mahasiswa untuk berinteraksi dengan sesama mahasiswa
ataupun dengan tutor. Kemampuan interaktif ini menjadikan proses belajar
lebih efektif dan memberikan kemampuan pada tutor untuk memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil belajar mahasiswa. Sementara
Coburn (1985) dalam Winarni, dkk (2012) mengemukakan bahwa komputer
merupakan media pengajaran yang dapat memvisualisasikan berbagai fakta,
keterampilan, dan konsep, serta dapat menampilkan gambar-gambar yang
bergerak sesuai dengan keperluannya. Selain itu, penggunaan komputer
dapat dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat berinteraksi dengan
pemakainya.
210