Page 225 - Universitas Terbuka di Era Informasi
P. 225

UNIVERSITAS TERBUKA DI ERA INFORMASI






















                                                 Gambar 1.
                                           Tampilan Laman Dry Lab UT
                                    (http://www.ut.ac.id/drylab/drylab/indeks.swf)

                      Beberapa kelebihan dry lab, antara lain dapat memperbesar objek kecil dan
                      tidak tampak oleh mata. Sebaliknya, objek yang sangat besar yang tidak
                      mungkin dihadirkan dalam pembelajaran dapat dikecilkan (Resmiyanto (2009).
                      Demikian pula dengan peristiwa yang kompleks, rumit, dan berlangsung
                      cepat atau lambat, serta objek atau peristiwa yang berbahaya dapatdengan
                      mudah dilakukansecara berulang-ulang. Dry lab juga dapat mempersingkat
                      pengamatan dari sebuah siklus, seperti siklus hidup tumbuhan yang hidup
                      berpuluh-puluh  tahun,  atau siklus  terbentuknya  hutan primer  dari  sebuah
                      suksesi ekosistem, dan sebagainya.

                      Pengembangan materi dry lab di UT dimaksudkan untuk beberapa hal sebagai
                      berikut.

                      a.  Mahasiswa Dapat Melaksanakan Praktikum Secara Mandiri.

                         Mahasiswa dapat menyelenggarakan praktikum secara mandiri di
                         lapangan. Pemanfaatan  dry lab juga dapat menghemat biaya karena
                         mahasiswa tidak harus datang ke laboratorium untuk melaksanakan
                         praktikum secara berkelompok. Praktikum dapat dilakukan secara
                         mandiri. Namun demikian, tidak semua praktikum dapat dilakukan secara



                                                                                 215
   220   221   222   223   224   225   226   227   228   229   230