Page 411 - Cakrawala Pendidikan
P. 411
Nuril Huda
memungkinkan penyelenggaraan program bersama dengan
perguruan tinggi asing dengan menggunakan bahasa pengantar
bahasa lnggris (Keputusan Mendikbud Nomor 223/U/1998).
Kesimpulan
Dari kajian tentang perkembangan pengajaran bahasa lnggris
tersebut dapat ditarik beberapa kesimpulan berikut:
1) Telah dilakukan banyak usaha dan upaya untuk meningkatkan
pengajaran bahasa lnggris sesuai dengan perkembangan dan
kebutuhan masyarakat.
2) Guru bahasa lnggris telah mengalami peningkatan walaupun
belum mencapai taraf yang ideal: guru Belanda yang
digunakan pada masa revolusi telah diganti orang Indonesia,
guru yang tidak atau kurang memiliki Jatar pendidikan bahasa
lnggris te!ah dididik dalam berbagai program pelatihan: STC,
IKIP/FKIP, PKG, PPPG, dan BPG.
3) Telah terjadi pergantian pendekatan dan metode pengajaran
seiring dengan pergantian kurikulum: metode grammar-
translation diganti audio-lingual, kemudian pendekatan
komunikatif, PKG Approach, dan pendekatan kebermaknaan.
4) Pada tataran pendidikan tinggi telah ada program pendidikan
guru bahasa lnggris jenjang sarjana (S1 ), magister (S2), dan
doktor (S3).
5) Makin banyak orang bisa berbahasa lnggris: banyak lulusan
pendidikan di luar negeri (sekolah menengah dan perguruan
tinggi). Namun demikian kebutuhan terhadap kemampuan
berbahasa lnggris terus meningkat, dan diharapkan lebih
banyak lagi orang Indonesia mampu berbahasa lnggris.
Prospek Pengajaran Bahasa lnggris
Perkembangan internasional di berbagai bidang telah berpengaruh
banyak terhadap pola hubungan antarbangsa, dan pada gilirannya,
berpengaruh terhadap kebutuhan kemampuan berbahasa lnggris.
Runtuhnya pemerintah totaliter komunis dan bubarnya negara
Sovyet Rusia pada tahun 1980-an telah berpengaruh kuat
terhadap perubahan tatanan masyarakat internasional. Perang
dingin antara blok Barat dan blok Timur telah berakhir. lsu perang
404