Page 415 - Cakrawala Pendidikan
P. 415

Nuril Huda


            sekolah  menengah,  termasuk SO  kelas  4  6.  Jumlah  di  sekolah-
            sekolah  ini  secara  nasional  besar  sekali  dibandingkan  jumlah
            mahasiswa  diperguruan  tinggi.  Jika  anggaran  tambahan  yang
            tersedia hanya sedikit,  upaya peningkatan kurang  bermakna untuk
            sasaran  sebesar itu.  Oleh  karena  itu  perlu  dicari  langkah  strategis
            jangka panjang.
            Pada  tahap  sekarang,  populasi  sasaran  upaya  peningkatan
            penguasaan  bahasa  lnggris haruslah diperkecil,  dan  dibatasi pada
            orang-orang  yang  potensial  akan  memiliki  kedudukan  strategis
            dalam pembangunan  bangsa  dan  bersaing  dengan  bangsa  lain  di
            arena  internasional.  Kelompok  tersebut  adalah  lulusan  perguruan
            tinggi,  walaupun  lulusan  jenjang  pendidikan  dasar dan  menengah
            juga  ada  yang  bersaing  di  tingkat  internasional,  tetapi  jumlahnya
            relatif kecil.  Oleh  karena  itu,  dengan  keterbatasan  dana  yang  ada
            seyogyanya  upaya  peningkatan  penguasaan  bahasa  lnggris
            diprioritaskan  pada  jenjang  pendidikan  tinggi.  Secara  umum,
            penyelenggaraan  pengajaran  bahasa  lnggris  pada  jenjang
            pendidikan  dasar  dan  menengah  tetap  dipertahankan  seperti
            sekarang ini  (tidak dikurangi),  tetapi tambahan anggaran yang  ada
            dipakai  untuk  memdorong  (push-up)  pengajaran  bahasa  lnggris
            pad a jenjang  pendidikan  tinggi  Uejang  S 1,  S2,  dan  S3).  Beberapa
            kebijaksanaan dasar yang perlu diambil sebagai berikut :
            1)   Menetapkan penguasaan bahasa lnggris sebagai kemampuan
                persyaratan  lulus  (exit requirement competency)  pada  semua
                jenjang  pendidikan  tinggi.  Pada  dasarnya  sebelum  seorang
                lulus  suatu  program  pendidikan,  seorang  calon  lulusan  harus
                dapat  menunjukkan  tingkat  kemampuan  bahasa  lnggris
                tertentu.   lni  analog  dengan  persyaratan  kemampuan
                berbahasa asing pada sejumlah program master dan doktor di
                Amerika Serikat (foreign language requirement).
            2)   Semua  jenjang  pendidikan  tinggi  menyediakan  kuliah  dan
                kursus  bahasa  lnggris  dengan  fasilitas  yang  memadai:  lab
                bahasa, perangkat lunak (buku,  kaset,  film,  dll.).
            3)   Dikembangkan  sistem  penghargaan  untuk  mendorong
                mahasiswa  belajar  bahasa  lnggris,  baik  dalam  kuliah  formal
                maupun dengan usaha sendiri melalui kursus,  klub, dll.





            408
   410   411   412   413   414   415   416   417   418   419   420