Page 410 - Cakrawala Pendidikan
P. 410
Pengajaran Bahasa Inggris ...
dan ketersediaan sarana serta prasarana (Huda, 1990, 1999a,
1999c).
Tahun 1994 - sekarang
Hasil survai tahun 1989 - 1990 tersebut menjadi salah satu acuan
penyusunan Kurikulum 1994. Pendekatan pengajaran yang
digunakan pada dasarnya tetap pendekatan komunikatif
(communicative approach), tetapi untuk menghindari kesalah-
pahaman yang berkelanjutan, maka pendekatan itu diberi nama
baru yaitu Pendekatan Kebermaknaan (Meaningfulne:;s Approach).
Atas dasar berbagai pertimbangan, terutama jumlc:t1 guru yang
berkualitas, sarana, dan prasarana yang tersedia, maka secara
umum tujuan pengajaran bahasa lnggris di sekolah masih dibatasi
pada kemampuan membaca. Tetapi untuk menampung kebutuhan
dan keinginan masyarakat terhadap pengembangan kemampuan
berbicara, maka bahasa lnggris juga dimungkinkan menjadi
muatan lokal di SD dan SL TP. Selain itu, di sekolah menengah,
bahasa lnggris juga masih dapat diberikan dalam kegiatan ekstra-
kurikuler.
Pada periode sesudah tahun 1994, dorongan dan harapan
masyarakat untuk belajar bahasa lnggris meningkat seiring dengan
kemajuan pembangunan nasional dan perkembangan global. Pada
masa ini juga muncul isu sekolah unggulan yang menawarkan
program bahasa lnggris yang lebih banyak bahkan sejumlah
sekolah dikabarkan menggunakan bahasa pengantar bahasa
lnggris. Pemerintah juga telah menyempurnakan peraturan-
peraturan yang memberikan kelonggaran terhadap pelaksanaan
pengajaran bahasa lnggris. Pada tahun 1998 terbit Peraturan
Pemerintah No. 55, 56, dan 57 Tahun 1998 yang mengubah
sebagian dari ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No. 28, 29,
dan 30 Tahun 1990 antara lain ketentuan yang berkaitan dengan
pemakaian bahasa pengantar di sekolah. Ketentuan dalam
Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 1998 tentang penggunaan
bahasa asing sebagai bahasa pengantar di Perguruan Tinggi
kemudian dimasukkan dalam Peraturan Pemerintah 60 Tahun
1999 tentang Pendidikan Tinggi. Sejalan dengan itu, Mendikbud
mengeluarkan keputusan tentang kerjasama perguruan tinggi yang
403