Page 406 - Cakrawala Pendidikan
P. 406

Pengajaran Bahasa Inggris ...

      tidak  dibakar  pada  jaman  Jepang.  Siswa  mengutip  pelajaran  dari
      papan  tulis  (Sadtono,  1997b).  Tetapi  justru  pada  tahun  inilah
      diambil  keputusan  penting.  Bahasa  lnggris  ditetapkan  sebagai
      bahasa  asing  diajarkan  di  sekolah-sekolah,  dan  bukan  bahasa
      Belanda.  Bahasa lnggris diajarkan di sekolah menengah  (SMP dan
      SMA)  sebagai  matapelajaran  wajib  rata-rata  5  jam  seminggu.
      Tujuan  umum  pelajaran  ini  ialah  menanamkan  kemampuan
      memahami  bahasa  lnggris  lisan  dan  tulis,  dan  kemampuan
      berkomunikasi  secara  lisan  dan  tulis.  Sedangkan  target  pokok
      pelajaran bahasa lnggris adalah memberikan working knowledge of
      the language (Tan,  1962:4).

      Tahun 1950 - 1955
      Pelaksanaan  pembelajaran  bahasa  lnggris  pada  masa  ini
      dikoordinasikan  dan  diawasi  oleh  lnspektorat  Pusat  Pengajaran
      Bahasa  lnggris.  Para  guru  bahasa  lnggris  adalah  (1)  sejumlah
      orang  Belanda yang  masih  mau  bergabung dengan  Republik yang
      sebelumnya  pernah  mengajar  bahasa  lnggris,  kebanyakan  di
      sekolah  swasta  dan  sekolah  agama,  dan  (2)  orang-orang
      Indonesia  yang  pada  jaman  Belanda  mendapat  pendidikan  di
      sekolah menengah (Belanda) dan di jaman revolusi di daerah yang
      dikuasai oleh  Belanda.  Kualitas guru sangat bervariasi,  mulai yang
      sangat  menguasai  bidangnya  sampai  dengan  guru  dengan
      kemampuan bahasa lnggris seadanya (Thomas,  1968).
      Pendekatan pengajaran bahasa  lnggris di  sekolah  pada  umumnya
      mirip dengan pengajaran pada masa penjajahan Belanda. Kegiatan
      di kelas ditekankan pada pengajaran tatabahasa formal dan latihan
      menterjemahkan  bacaan  bahasa  lnggris  (grammar-translation
      method).  Buku-buku  yang  digunakan  diambil  dari  karangan  orang
      Belanda  dan  sedikit  sekali  buku-buku  yang  didatangkan  dari
      lnggris.
      Pada  masa  ini  dua  keputusan  penting  diambil.  Pertama  adalah
      penetapan  bahasa  lnggris  sebagai  bahasa  asing  pertama  untuk
      diajarkan  di  sekolah;  dan  kedua  pemilihan  dialek  bahasa  lnggris
      yang  diajarkan  (British  atau  American  English).  Pada  masa
      sebelumnya  para  guru  pada  umummya  mengajarkan  bahasa
      lnggris  dialek  British.  Dengan  masuknya  bantuan  Amerika  {Ford



                                                               399
   401   402   403   404   405   406   407   408   409   410   411