Page 407 - Cakrawala Pendidikan
P. 407

NurilHuda

          Foundation)  untuk  mengembangkan  pengajaran  bahasa  lnggris
          pada tahun  1952,  diputuskan  bahwa  British  dan  American  English
          sama-sama diajarkan di sekolah (Thomas,  1968).

          Tahun 1955- 1975 dan 1975- 1984
          Pada masa ini terjadi perubahan besar dalam penggunaan metode
          pembelajaran bahasa lnggris baik di sekolah menengah maupun di
          perguruan  tinggi,  yaitu  digunakannya  pendekatan  audio-lingual.
          Penyebaran  pendekatan  di  sekolah  di  dimulai  pada  program
          pendidikan  guru  dan  kemudian  diinstruksikan  penggunaannya
          melalui kurikulum resmi pemerintah untuk sekolah menengah.
          Sebelum  tahun  1950-an,  semua  guru  sekolah  menengah  atas,
          termasuk  guru  bahasa  lnggris,  dididik  pada  kurus  B-1  dan  B-2.
          Pada  1954  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mendirikan
          Standard  Training  Course  (STC)  di  Yogyakarta  dan  Bukitinggi.
          Program  ini  adalah  B-1  gaya  baru  untuk  mendidik  guru  bahasa
          lnggris  yang  dosennya  berasal  dari  Amerika  dan  sejumlah  orang
          Indonesia.  Metode  pengajaran  yang  dipakai  adalah  audio-lingual.
          Dalam program ini selama 3 bulan pesertanya didril secara intensif
          sampai  mampu  menguasai  semua  ketrampilan  bahasa  lnggris.
          Kemudian  mereka  diberi  pelajaran  linguistik,  teori  pengajaran
          bahasa lnggris, sastra lnggris, dan teori-teori pendidikan (Sadtono,
           1997b).
           Pada  tahun  1958  lnspektorat  Pusat  Pengajaran  Bahasa  lnggris
          membentuk  Proyek  Pengembangan  Materi  Bahasa  lnggris  yang
          kemudian pada tahun  1962 dipecah  menjadi 3 proyek,  yaitu  Badan
           Pengembangan  Materi,  Pusat  Ujian  Bahasa  lnggris,  dan  Proyek
           Pilot Bahasa lnggris.  Salah  satu  hasil dari proyek ini  ada!ah  materi
           pelajaran  bahasa  lnggris  untuk  SMP  yang  kemudian  disebut
           Sa/atiga  Material.  Materi  ini  disusun  berdasarkan  pendekatan
           audio-lingual.
           Pada  tahun  1968  didirikan  Proyek  Bahasa  lnggris  yang  memiliki
          dua  sub-proyek,  yaitu  Proyek  Upgrading  Bahasa  lnggris  dan
           Proyek  Pengembangan  Materi  Bahasa  lnggris.  Proyek  Upgrading
           Bahasa  lnggris  menyelenggarakan  penataran  guru-guru  bahasa
           lnggris  SL TP  di  seluruh  Indonesia  dengan  menggunakan



           400
   402   403   404   405   406   407   408   409   410   411   412