Page 408 - Cakrawala Pendidikan
P. 408

Pengajaran Bahasa Inggris ...


      pendekatan  audio-lingual.  Tim  proyek  ini  keliling  ke  beberapa
                        1
      lokasi di  lndonesia. Materi  bahasa lnggris yang  dihasilkan proyek
      ini  dan  Salatiga  Material  kemudian  dikembangkan  menjadi  dasar
      Kurikulum  1975  yang  sepenuhnya  menggunakan  pendekatan
      audio-lingual.  Kurikulum  1975  ini  dilaksanakannya  sampai  dengan
      diberlakukan Kurikulum 1984.

      Seperti  dikemukakan  di  muka,  penggunaan  pendekatan  audio-
      lingual  juga  ditopang  oleh  persiapan  gurunya.  Pada  tahun  1954
      didirikan  Perguruan  Tinggi  Pendidikan  Guru  (PTPG)  di  Malang,
      Bandung,  dan  Batusangkar.  Lulusan  STC sebagian menjadi dosen
      di  jurusan  bahasa  lnggris  di  PTPG.  Metode  pengajaran  bahasa
      lnggris  yang  mereka  terima  di  STC  kemudian  mereka  terapkan
      dalam mendidik para calon guru bahasa lnggris di PTPG ini.
      Salah  satu  PTPG,  yaitu  PTPG  Malang,  kemudian  menjadi  FKIP
      Universitas Airlangga,  dan  pada tahun  1963 berubah  menjadi IKIP
               2
      MALANG. Pada  tahun  1962  didirikan  English  Language  Teacher
       Training  Project  (EL TIP)  di  I KIP  MALANG  dengan  bantuan  The
      Ford Foundation dengan  tujuan  mendidik guru  inti  bahasa  lnggris.
      Sebelum  tahun  1965,  proyek  ini  mendapat  skala  prioritas  rendah
      dan  bahkan  dihentikan  sementara  waktu  sesuai  dengan  situasi
      politis  saat  itu  dan  merenggangnya  hubungan  Indonesia  dengan
      negara-negara  Barat.  Pada  masa  orde  baru.  sejak  tahun  1966
      proyek  ini  dihidupkan  kembali  dan  kemudian  dilanjutkan  dengan
      dana   dari   Pemerintah.   Program   EL TTP   sekarang  telah
      menghasilkan  guru  dan  dosen  bahasa  lnggris  yang  tersebar  ke
      seluruh  Indonesia.  Sebagian  dari  lulusan  program  ini  menjadi
      menduduki jabatan strategis dalam bidang pendidikan. 3

       Tahun 1984 - 1994
      Pendekatan  audio-lingual  sernng  dengan  perkembangan  ilmu
      banyak mendapat kritik di  mana-mana  dan  menjelang  akhir tahun
       1970-an  mulai  ditinggalkan  orang,  walaupun  sampai  sekarang
      beberapa  prinsip  dasar  pendekatan  ini  masih  ada  yang  dipakai.
       Dengan  terbitkan  Kurikulum  1984,  maka secara  resmi  pendekatan
       audio-lingual  tidak  digunakan  lagi  di  sekolah  menengah,  dan
       diganti dengan pendekatan komunikatif.




                                                               401
   403   404   405   406   407   408   409   410   411   412   413