Page 408 - Cakrawala Pendidikan
P. 408
Pengajaran Bahasa Inggris ...
pendekatan audio-lingual. Tim proyek ini keliling ke beberapa
1
lokasi di lndonesia. Materi bahasa lnggris yang dihasilkan proyek
ini dan Salatiga Material kemudian dikembangkan menjadi dasar
Kurikulum 1975 yang sepenuhnya menggunakan pendekatan
audio-lingual. Kurikulum 1975 ini dilaksanakannya sampai dengan
diberlakukan Kurikulum 1984.
Seperti dikemukakan di muka, penggunaan pendekatan audio-
lingual juga ditopang oleh persiapan gurunya. Pada tahun 1954
didirikan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Malang,
Bandung, dan Batusangkar. Lulusan STC sebagian menjadi dosen
di jurusan bahasa lnggris di PTPG. Metode pengajaran bahasa
lnggris yang mereka terima di STC kemudian mereka terapkan
dalam mendidik para calon guru bahasa lnggris di PTPG ini.
Salah satu PTPG, yaitu PTPG Malang, kemudian menjadi FKIP
Universitas Airlangga, dan pada tahun 1963 berubah menjadi IKIP
2
MALANG. Pada tahun 1962 didirikan English Language Teacher
Training Project (EL TIP) di I KIP MALANG dengan bantuan The
Ford Foundation dengan tujuan mendidik guru inti bahasa lnggris.
Sebelum tahun 1965, proyek ini mendapat skala prioritas rendah
dan bahkan dihentikan sementara waktu sesuai dengan situasi
politis saat itu dan merenggangnya hubungan Indonesia dengan
negara-negara Barat. Pada masa orde baru. sejak tahun 1966
proyek ini dihidupkan kembali dan kemudian dilanjutkan dengan
dana dari Pemerintah. Program EL TTP sekarang telah
menghasilkan guru dan dosen bahasa lnggris yang tersebar ke
seluruh Indonesia. Sebagian dari lulusan program ini menjadi
menduduki jabatan strategis dalam bidang pendidikan. 3
Tahun 1984 - 1994
Pendekatan audio-lingual sernng dengan perkembangan ilmu
banyak mendapat kritik di mana-mana dan menjelang akhir tahun
1970-an mulai ditinggalkan orang, walaupun sampai sekarang
beberapa prinsip dasar pendekatan ini masih ada yang dipakai.
Dengan terbitkan Kurikulum 1984, maka secara resmi pendekatan
audio-lingual tidak digunakan lagi di sekolah menengah, dan
diganti dengan pendekatan komunikatif.
401