Page 414 - Cakrawala Pendidikan
P. 414

Pengajaran Bahasa lnggris ...


      Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris
      Seiring  dengan  perkembangan  pola  hubungan  internasional
      tersebut,  kebutuhan  nasional  penguasaan  bahasa  Jnggris  di
      Indonesia  semakin  meningkat.  Akan  sangat  ideal  sendainya
      bahasa  lnggris dapat dikuasai  seperti  penguasaan  bahasa  kedua.
      Tetapi  hal  ini  akan  bertabrakan  dengan  kepentingan  nasional
      lainnya  yang  lebih  tinggi  prioritasnya,  yaitu  mempertahankan
      kedudukan bahasa Indonesia nasional yang  berfungsi sebagai alat
      menjaga  persatuan  dan  kesatuan  bangsa.  Telah  dilakukan  kajian
      antara  lain  untuk  menjadikan  bahasa  lnggris  sebagai  bahasa
      pengantar  di  sekolah,  tetapi  tampaknya  hal  ini  tidak  dapat
      dilaksanakan  karena  berbagai  kendala  yang  amat  sulit  diatasi
      (Oardjowidjojo,  1998).  Jangankan  sebagai  bahasa  pengantar  di
      sekolah,  bahasa  lnggris  diajarkan  sebagai  bahasa  asing  tidak
      dapat  mencapai  hasil  yang  memuaskan  (lihat  Huda,  1990  dan
      1999c;  Direktorat  Dikmenum,  1990;  Hamied,  1993;  Depdikbud,
      1997 dan 1998; dan Suprastowo, 1999).
      Kendala  utama  ketidakberhasilan  pengajaran  bahasa  asing  di
      sekolah terutama  karena faktor sumber daya manusia dan Jogistik.
      Pertama,  kualitas  guru  bahasa  lnggris  relatif masih  rendah.  Tidak
      semua guru  mampu  berkomunikasi  lisan  yang  baik dalam  bahasa
      lnggris. Kedua,  untuk membuat pelajaran bahasa lnggris di sekolah
      efektif,  jumlah  siswa  dalam  satu  kelas  harus  keciL  Karena  itu
      seharusnya  kelas-kelas  sekarang  harus  dipecah-pecah  menjadi
      kelas-kelas  kecil.  lni  berarti  perlu  penambahan  guru,  ruang  kelas,
      dan  peralatan  lainnya yang  secara  nasional tidak sedikit biayanya.
      Ketiga,  pengajaran  bahasa  lnggris  yang  baik  harus  pula  ditopang
      dengan  buku  yang  memadai  dari  segi  kualitas  dan  jumlahnya.
      Setiap  anak  harus  mempunyai  buku  sendiri.  baik  buku  pokok
      maupun buku  pelengkap seperti kamus dan bacaan yang  menarik.
      Jika siswa diharapkan mampu mendengarkan yang baik, tentu juga
      perlu latihan lisan.  Maka diperlukan peralatan audio baik di sekolah
      maupun di rumah:  lab bahasa,  tape-recorder,  video,  televisi,  radio,
      diL  Tidak  semua  siswa  memiliki  sarana  ini  di  rumahnya.  Dengan
      sigkat  diperlukan  anggaran  yang  besar  untuk  meningkatkan
      pengajaran  bahasa  lnggris  agar dapat mencapai  tarat yang  ideal,
      terutama  jika  sasaran  peningkatannya  adalah  siswa  SLP  dan



                                                              407
   409   410   411   412   413   414   415   416   417   418   419