Page 414 - Cakrawala Pendidikan
P. 414
Pengajaran Bahasa lnggris ...
Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris
Seiring dengan perkembangan pola hubungan internasional
tersebut, kebutuhan nasional penguasaan bahasa Jnggris di
Indonesia semakin meningkat. Akan sangat ideal sendainya
bahasa lnggris dapat dikuasai seperti penguasaan bahasa kedua.
Tetapi hal ini akan bertabrakan dengan kepentingan nasional
lainnya yang lebih tinggi prioritasnya, yaitu mempertahankan
kedudukan bahasa Indonesia nasional yang berfungsi sebagai alat
menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Telah dilakukan kajian
antara lain untuk menjadikan bahasa lnggris sebagai bahasa
pengantar di sekolah, tetapi tampaknya hal ini tidak dapat
dilaksanakan karena berbagai kendala yang amat sulit diatasi
(Oardjowidjojo, 1998). Jangankan sebagai bahasa pengantar di
sekolah, bahasa lnggris diajarkan sebagai bahasa asing tidak
dapat mencapai hasil yang memuaskan (lihat Huda, 1990 dan
1999c; Direktorat Dikmenum, 1990; Hamied, 1993; Depdikbud,
1997 dan 1998; dan Suprastowo, 1999).
Kendala utama ketidakberhasilan pengajaran bahasa asing di
sekolah terutama karena faktor sumber daya manusia dan Jogistik.
Pertama, kualitas guru bahasa lnggris relatif masih rendah. Tidak
semua guru mampu berkomunikasi lisan yang baik dalam bahasa
lnggris. Kedua, untuk membuat pelajaran bahasa lnggris di sekolah
efektif, jumlah siswa dalam satu kelas harus keciL Karena itu
seharusnya kelas-kelas sekarang harus dipecah-pecah menjadi
kelas-kelas kecil. lni berarti perlu penambahan guru, ruang kelas,
dan peralatan lainnya yang secara nasional tidak sedikit biayanya.
Ketiga, pengajaran bahasa lnggris yang baik harus pula ditopang
dengan buku yang memadai dari segi kualitas dan jumlahnya.
Setiap anak harus mempunyai buku sendiri. baik buku pokok
maupun buku pelengkap seperti kamus dan bacaan yang menarik.
Jika siswa diharapkan mampu mendengarkan yang baik, tentu juga
perlu latihan lisan. Maka diperlukan peralatan audio baik di sekolah
maupun di rumah: lab bahasa, tape-recorder, video, televisi, radio,
diL Tidak semua siswa memiliki sarana ini di rumahnya. Dengan
sigkat diperlukan anggaran yang besar untuk meningkatkan
pengajaran bahasa lnggris agar dapat mencapai tarat yang ideal,
terutama jika sasaran peningkatannya adalah siswa SLP dan
407