Page 191 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 191

•   Pelatihan Profesional )arak Jauh



              Persoalan  lain  yang  juga  menghambat  adalah  akses  internet.
           Untuk  Indonesia  Timur,  misalnya,  digunakan  cara  lama:  lewat  pos
           atau  fax  dan  pengiriman  pelatih.  Namun  dari  sisi  total  pengeluaran
           operasional  secara  keseluruhan,  tentunya  biaya  yang  dikeluarkan
           tidak seperti  d u I  u.
               Universitas  Terbuka  memiliki  pengalaman  dalam  penerapan
           belajar-e  untuk  masyarakat  luas,  bukan  untuk  suatu  perusahaan
           tertentu  di  Indonesia.  Dari  pengalaman  tersebut,  rendahnya  minat,
           tingkat  melek  TIK,  serta  daya  jangkau  mahasiswa  UT  dalam
           memanfaatkan  internet dirasakan menjadi kendala utama.
               UT  telah  meluncurkan  berbagai  program  pendidikan  melalui
           internet,  tetapi  sangat  sedikit  diakses  oleh  mahasiswa,  walaupun
           untuk mengaksesnya,  mahasiswa tidak  perlu  membayar selain  biaya
           internet.  UT  menyediakan  tutorial  online  untuk  171  mata  kuliilh,
           namun  hanya  56  mata  kuliah  yang  diakses  mahasiswa.  Jumlah
           mahasiswa yang memanfaatkan  fasilitas tutorial  online hanya  3.381
           orang  dan  mahasiswa  yang  aktif  berinteraksi  secara  online  hanya
           775  orang  (UT,  2003  dalam  Suparman,  2004).  lni  menunjukkan
           masih  rendahnya  minat,  tingkat  melek  TIK,  serta  daya  jangkau
           mahasiswa  UT  dalam  memanfaatkan  internet.  Masalah  biaya,
           aksesibilitas, dan aspek teknis masih  menjadi kendala  utama.





















                                                                   173
   186   187   188   189   190   191   192   193   194   195   196