Page 191 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 191
• Pelatihan Profesional )arak Jauh
Persoalan lain yang juga menghambat adalah akses internet.
Untuk Indonesia Timur, misalnya, digunakan cara lama: lewat pos
atau fax dan pengiriman pelatih. Namun dari sisi total pengeluaran
operasional secara keseluruhan, tentunya biaya yang dikeluarkan
tidak seperti d u I u.
Universitas Terbuka memiliki pengalaman dalam penerapan
belajar-e untuk masyarakat luas, bukan untuk suatu perusahaan
tertentu di Indonesia. Dari pengalaman tersebut, rendahnya minat,
tingkat melek TIK, serta daya jangkau mahasiswa UT dalam
memanfaatkan internet dirasakan menjadi kendala utama.
UT telah meluncurkan berbagai program pendidikan melalui
internet, tetapi sangat sedikit diakses oleh mahasiswa, walaupun
untuk mengaksesnya, mahasiswa tidak perlu membayar selain biaya
internet. UT menyediakan tutorial online untuk 171 mata kuliilh,
namun hanya 56 mata kuliah yang diakses mahasiswa. Jumlah
mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas tutorial online hanya 3.381
orang dan mahasiswa yang aktif berinteraksi secara online hanya
775 orang (UT, 2003 dalam Suparman, 2004). lni menunjukkan
masih rendahnya minat, tingkat melek TIK, serta daya jangkau
mahasiswa UT dalam memanfaatkan internet. Masalah biaya,
aksesibilitas, dan aspek teknis masih menjadi kendala utama.
173