Page 188 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 188

Pendidikan Jarak Jauh   •



         Pengalaman  Universitas  Terbuka  dalam  menggunakan  tutorial
     online  untuk  masyarakat  yang  lebih  luas  menyimpulkan  bahwa
     kendalanya terletak pada  masih  rendahnya minat, tingkat melek TIK,
     serta  daya  jangkau  mahasiswa  UT  dalam  memanfaatkan  internet.
     Masalah biaya, aksesibilitas dan aspek teknis masih  menjadi kendala
     utama (Suparman,  2005).
         Belajar-e memerlukan waktu  rutin  tiap hari  untuk belajar sambil
     akses  ke  internet.  Akses  internet  di  Indonesia  memerlukan  biaya
     tidak  sedikit dan  jarang  ada  infrastruktur  murah  yang  dapat diakses
     oleh  siswa.  Kendala  biaya  memang masih  menjadi  persoalan  utama
     dalam belajar-e.  Sebagai  gambaran, belajar melalui Warung Internet
     (Warnet)  masih  terbilang  mahal  karena  per  jamnya  paling  murah
     harus  membayar  tiga  atau  empat  ribu  rupiah,  sedangkan  melalui
     Telkomnet  lnstan  atau  langganan  internet  dial-up  harus  membayar
     Rp  9  ribu  hingga  belasan  ribu  rupiah  per  jamnya  sedangkan  tidak
     semua  kota  memiliki  jaringan  internet  atau  warnet.  Dalam  hal  ini
     terdapat  berbagai  faktor  dan  kepentingan  bisnis,  sehingga  bantuan
     pemerintah amat diharapkan agar akses  murah dapat diwujudkan.
         Untuk mengubah gaya belajar, ternyata banyak sekali  tantangan.
     Di  organisasi,  tantangan  datang  dari  pegawai  yang  menyukai
     pelatihan  konvensional  karena  pelatihan  sering  dianggap  sebagai
     kesempatan  bepergian  ke  luar  daerah  dan  penghasilan  tambahan.
      Kesiapan   SDM   agar   melek   komputer/internet   merupakan
     permasalahan  besar,  bukan  hanya di  masyarakat  luas,  melainkan  di
     dalam perusahaan-perusahaan.
         Jika  diterapkan  di  organisasi  besar  yang  memiliki  infrastruktur
     dan  akses  yang  memadai,  masih  diperlukan  manajemen  perubahan
     yang  intensif,  berupa  sosial isasi,  ditambah  pelatihan-pelatihan
     kh usus,  agen  perubahan,  peraturan  dan  sistem  bantu an  untuk
     menjawab aneka pertanyaan siswa, dan  lain-lain.





      170
   183   184   185   186   187   188   189   190   191   192   193