Page 193 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 193
• Pelatihan Profesional )arak )auh
3. Proses Desain Bahan
Dalam desain bahan, digunakan berbagai metode dan salah satu
di antaranya yang cukup populer adalah metode ADDIE:
A- Analisis, melakukan analisis kebutuhan dan pekerjaan, hasilnya
adalah silabus/course outline berupa apa saja yang diperlukan.
Tujuan Umum dan Khususnya disusun dan dibuat dalam bentuk
seperti silabus jadwal pendidikan atau pelatihan.
D- Desain, dalam tahap ini dilakukan perancangan, hasilnya adalah
dokumen alur yang mencakup rencana skenario, teks, tampilan,
animasi, gambar dan audio yang dipakai. Kemudian dibuat
Storyboard berdasarkan dokumen alur tersebut. Storyboard
berisi rencana teks, suara serta tampilan di layar. Dibuat sketsa-
sketsa untuk menggambarkan wujud gagasan tampilannya.
D- Pengembangan, yaitu memasuki tahap produksi. Pengembangan .
dilanjutkan dengan pembuatan bahan, penggunaan templates,
penulisan teks, rekaman audio, dan desain grafis. Semua
digabung menjadi satu dalam bentuk tampilan utuh.
I- lmplementasi, isi/materi digabung dengan SMB/LMS, dicobakan
pada pengguna dan dites secara langsung di jaringan internet.
Dalam taraf uji coba ini bagi para siswa dilakukan pretes dan
pastes, supaya dapat dilihat sejauh mana efektivitas belajar
menggunakan bahan yang telah disusun ini.
E- Evaluasi. Penilaian akhir oleh pengguna.
Pengembangan materi sebetulnya dapat dikembangkan sendiri
dengan tenaga-tenaga khusus. Harga materi masih cukup tinggi,
dihitung per jam belajar-e. Ada yang mematok harga 3000-6000
US$ per jam belajar-e, setara dengan 40-50 halaman layar.
SDM yang dibutuhkan untuk menyusun bahan belajar-e terdiri
dari:
175

