Page 189 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 189
• Pelatihan Profesional Jarak )auh
Karena berbasis web yang merupakan teknologi baru, sering
terjadi ketidaksinkronan dengan sistem-sistem lain di perusahaan,
sehingga untuk menyesuaikannya, bertambah banyak biaya yang
dikeluarkan. Di lndone~ia, ak~es semacam ini sering tidak lancar,
sehingga hal ini sangat berpengaruh pada minat dan semangat
belajar.
Keunggulan belajar-e terletak pada belajar menggunakan
simulasi dan menerangkan prosedur. Kelemahannya terasa jika
memerlukan interaksi langsung antarorang. Oleh sebab itu, belajar-e
dan belajar konvensional (tatap. muka di kelas) lebih baik dipakai
secara gabungan, belajar-e dipakai sebagai pelengkap metode
konvensional kelas dan tertulis.
Komponen Belajar-e adalah:
• Konsultan bagi perusahaan yang memerlukan pengantar belajar-
e dalam sistem pembelajaran mereka.
• Manajemen Perubahan untuk mengubah kebiasaan belajar.
• SMB/LMS, yaitu program untuk belajar dan interaksi sebagai
kelas dan sekolah virtual.
• Produksi isi atau materi belajar.
• lnfrastruktur perangkat keras: komputer, server dan jaringan
komputer.
2. Kasus Penerapan Belajar-e
Di dunia sudah banyak contoh penerapan belajar-e.
Perusahaan-perusahaan yang khusus membuat program dan modul
untuk belajar-e berjumlah puluhan bahkan ratusan, sebagai contoh
adalah WebCT, Blackboard, Microsoft, Enterprise, Saba, WBT,
Oracle, Websoft, Docent, Learn Communication, dan sebagainya.
1 71