Page 186 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 186

Pendidikan )arak Jauh   •


             lni  contoh  sederhana  pada  satu  produk  saja.  Coba
             bayangkan apa  yang akan  terjadi,  bila perusahaan  itu  harus
             meluncurkan  sejumlah  produk  baru  dalam  kurun  waktu
             singkat  untuk  menghadapi  pesaingnya?  (Septyarini,  2005,
             hal.  122).

             Sebetulnya  yang  membedakan  belajar-e  dan  metode  PJJ  lain
         adalah  ciri  khas  belajar-e,  yaitu  di  LMS  (Learning  Management
         5ystem)-nya.  LMS  adalah  mesin  pembelajarannya,  program  web
         yang dipakai  untuk  belajar,  berinteraksi  dan  berkomunikasi  melalui
         network atau  jejaring komputer di intranet maupun  internet (Sembel,
         Sandra,  2005).

             Komponen belajar-e secara umum adalah:
         1.  Konsultasi  dan  manajemen  perubahan  bagi  perusahaan  yang
             memerlukan  introduksi dan  implementasi belajar-e dalam sistem
             pembelajaran mereka.
         2.   LMS,  diperlukan  program  belajar  dan  interaksi,  sebagai  kelas
             dan  sekolah virtual.
         3.   Pembuatan  bahan  (modul).
         4.  lnfrastruktur: komputer, server dan jaringan.

             Belajar-e  saat  ini  mulai  dipakai  oleh  perusahaan  yang  memiliki
         fasilitas  intranet  dan  internet.  Di  Indonesia,  yang  mulai  banyak
         memanfaatkan  adalah  perbankan.  Akan  makin  banyak  perusahaan
         menggunaka.n cara  ini.
             Profil  perusahaan  yang cocok untuk memakai belajar-e:
         •   jumlah karyawan  > 200
         •   Memiliki  produk  atau  jasa  dalam  jumlah  yang  banyak  (contoh:
             bank,  ritel)
         •   jumlah keluar-masuk karyawan tinggi (contoh: asuransi)
         •   Pembaharuan  informasi  sering  dilakukan  karena  informasi
             tersebut  sering  berubah  (contoh:  instansi  pemerintah/Depar-



         168
   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191