Page 186 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 186
Pendidikan )arak Jauh •
lni contoh sederhana pada satu produk saja. Coba
bayangkan apa yang akan terjadi, bila perusahaan itu harus
meluncurkan sejumlah produk baru dalam kurun waktu
singkat untuk menghadapi pesaingnya? (Septyarini, 2005,
hal. 122).
Sebetulnya yang membedakan belajar-e dan metode PJJ lain
adalah ciri khas belajar-e, yaitu di LMS (Learning Management
5ystem)-nya. LMS adalah mesin pembelajarannya, program web
yang dipakai untuk belajar, berinteraksi dan berkomunikasi melalui
network atau jejaring komputer di intranet maupun internet (Sembel,
Sandra, 2005).
Komponen belajar-e secara umum adalah:
1. Konsultasi dan manajemen perubahan bagi perusahaan yang
memerlukan introduksi dan implementasi belajar-e dalam sistem
pembelajaran mereka.
2. LMS, diperlukan program belajar dan interaksi, sebagai kelas
dan sekolah virtual.
3. Pembuatan bahan (modul).
4. lnfrastruktur: komputer, server dan jaringan.
Belajar-e saat ini mulai dipakai oleh perusahaan yang memiliki
fasilitas intranet dan internet. Di Indonesia, yang mulai banyak
memanfaatkan adalah perbankan. Akan makin banyak perusahaan
menggunaka.n cara ini.
Profil perusahaan yang cocok untuk memakai belajar-e:
• jumlah karyawan > 200
• Memiliki produk atau jasa dalam jumlah yang banyak (contoh:
bank, ritel)
• jumlah keluar-masuk karyawan tinggi (contoh: asuransi)
• Pembaharuan informasi sering dilakukan karena informasi
tersebut sering berubah (contoh: instansi pemerintah/Depar-
168