Page 194 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 194
Pendidikan Jarak )auh •
• Pakar Materi Subjek (SME =Subject Matter Expert), biasanya
adalah orang yang mengetahui bahan yang akan dibuat atau
instruktur dari modul itu. Dia akan terlibat di semua tahap.
• Desainer lnstruksional, ahli dalam menyusun desain
pembelajaran menggunakan belajar-e, semacam pembuat
skenario, akan terlibat di semua tahap.
• Desainer Grafis, khususnya yang membuat animasi dan grafis
web lainnya.
• Penulis dan pengetikan bahan.
• Programer Web, yang mengelola server dan SMBILMS.
• Teknisi Audio dan pengisi suara.
Alur penyampaian materi belajar-e dibagi dua kelompok: 1)
yang bersifat kronologis, dan 2) yang bersifat Teori.
Materi yang bersifat kronologis antara lain:
• cerita,
• proses, misalnya cara kerja mesin,
• prosedur, misalnya cara mengganti ban,
• sebab-akibat, misalnya jika terjadi masalah.
Penyampaian materi kronologis berurutan dari awal hingga
akhir. Sedangkan materi yang berupa teori dapat disampaikan dari
teori ke contoh, atau sebaliknya dari contoh dulu kemudian
teori nya.
Sebuah layar belajar-e memiliki bagian-bagian antara lain:
• judul
• Menu dan Navigasi
• Teks
• Latihan/Kuis
• Grafis, gambar, animasi, video
Audio
• Pelacakan (Tracking), dan lain-lain
176