Page 194 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 194

Pendidikan Jarak )auh   •



       •   Pakar  Materi  Subjek  (SME =Subject  Matter  Expert),  biasanya
           adalah  orang  yang  mengetahui  bahan  yang  akan  dibuat  atau
           instruktur dari modul  itu.  Dia akan terlibat di semua tahap.
       •   Desainer   lnstruksional,   ahli   dalam   menyusun   desain
           pembelajaran  menggunakan  belajar-e,  semacam  pembuat
           skenario, akan terlibat di semua tahap.
       •   Desainer  Grafis,  khususnya  yang  membuat  animasi  dan  grafis
           web lainnya.
       •   Penulis dan  pengetikan bahan.
       •   Programer Web, yang mengelola server dan SMBILMS.
       •   Teknisi Audio dan  pengisi suara.


           Alur  penyampaian  materi  belajar-e  dibagi  dua  kelompok:  1)
       yang bersifat kronologis,  dan 2)  yang bersifat Teori.
           Materi yang bersifat kronologis antara lain:
       •   cerita,
       •   proses,  misalnya cara kerja mesin,
       •   prosedur,  misalnya cara mengganti ban,
       •   sebab-akibat,  misalnya jika terjadi  masalah.
           Penyampaian  materi  kronologis  berurutan  dari  awal  hingga
       akhir.  Sedangkan  materi  yang  berupa  teori  dapat disampaikan  dari
       teori  ke  contoh,   atau  sebaliknya  dari  contoh  dulu  kemudian
       teori nya.
           Sebuah  layar belajar-e memiliki bagian-bagian antara  lain:
       •   judul
       •   Menu dan  Navigasi
       •   Teks
       •   Latihan/Kuis
       •   Grafis, gambar, animasi, video
           Audio
       •   Pelacakan (Tracking), dan  lain-lain


       176
   189   190   191   192   193   194   195   196   197   198   199