Page 495 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 495

Sugilar,  Penelitian Kelembagaan dalam  ....



         untuk  diteliti.  Selanjutnya,  dilakukan  survei  delphi  putaran  kedua
         untuk  menilai  apakah  suatu  topik  perlu  naik  atau  turun
         peringkatnya.  Dari  hasil  putaran  kedua  tersebut,  kemudian
         dilakukan  pengurutan  ulang.  Bila  diperlukan  dapat  dilanjutkan
         dengan  putaran  ketiga,  dan  seterusnya  sampai  diperoleh  urutan
         tingkat  kepentingan  yang  relatif  stabil.  Teknik  delphi  yang
         digunakan  di  sini  tidak  lain  merupakan  cara  pembicaraan  semua
         pihak  dalam  institusi  untuk  menentukan  topik  penelitian
         kelembagaan.  Melalui  cara  ini  diperoleh  topik-topik  penelitian
         kelembagaan  sebagai  hasil  pembicaraan  pihak-pihak  yang
         berkepentingan dengan penelitian kelembagaan.
                Topik-topik  penelitian  kelembagaan  di  UT pada  dasarnya
         merupakan  kombinasi  dari  kedua  pendekatan  tersebut  Dalam
         dua  tahun  terakhir  setiap  tahun  Pusat  Penelitian  Kelembagaan
         menyusun  kerangka  acuan  penelitian  kelembagaan  untuk  tahun
         rnendatang.  Dalam kerangka acuan tersebut tercantum topik-topik
         penelitian  kelembagaan  yang  diturunkan  dari  rancangan  umum
         penelitian yang dikembangkan oleh Lembaga Penelitian UT.  Pada
         tahap  ini  topik-topik  penelitian  kelembagaan  didasarkan  pada
         pendekatan   holistik   dan   sistemik.   Topik-topik   penelitian
         kelembagaan   dalam  kerangka    acuan   tersebut  kemudian
         dicantumkan  dalam  rencana  kegiatan  tahunan  untuk  disetujui
         pimpinan  UT.  Kerangka  acuan  penelitian  kelembagaan  tersebut
         kemudian  disosialisasikan  kepada  staf  akademik  UT.  Para  staf
         akademik    diharapkan   mengajukan    proposal   penelitian
         berdasarkan  topik  yang  dipilih  sesuai  dengan  minat  dan
         kesanggupannya.  Proposal  penelitian  tersebut  kemudian  dinilai
         oleh  dua  orang  penilai  yang  ditunjuk  oleh  tim  inti  penelitian
         kelembagaan  yang  terdiri  dari  para  pimpinan  UT.  Penilaian
         meliputi  kepentingan  penelitian  tersebut  bagi  institusi.  Dalam
         tahap  ini  topik-topik  penelitian  kelembagaan  secara  empiris
         mengakomodasi kepentingan berbagai pihak di UT.


         490
   490   491   492   493   494   495   496   497   498   499   500