Page 499 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 499

Sugilar, Penelitian Kelembagaan dalam  ....



           Penyelenggaraan  tutorial  remedial  untuk  program  penyetaraan
           guru  SO  diperbaiki  dari  waktu  ke  waktu  berdasarkan  hasil
           evaluasi  program  yang  dilaksanakan  setiap  semester.  Penelitian
           mengenai waktu  yang  dibutuhkan untuk  menyelesaikan  soal  ujian
           akhir  semester  dapat  menjadi  dasar  dalam  merumuskan
           kebijakan  waktu  ujian  di  UT  pada  masa  mendatang.  Kedua
           contoh  penelitian  tersebut  merupakan  penelitian  kelembagaan
           yang  berbentuk  penelitian  kebijakan,  yaitu  penelitian  yang
           dilaksanakan  berdasarkan  penugasan  pimpinan.   Penelitian
           kelembagaan  lainnya  ialah  penelitian  mandiri  yang  dilaksanakan
           oleh stat akademik UT.
                  Penelitian  kelembagaan  yang  bersifat mandiri  melibatkan
           sebagian  besar staf akademik.  Setiap tahunnya,  tidak kurang  dari
           30  sampai  40  staf  akademik  UT  terlibat  dalam  penelitian
           kelembagaan    Mereka  membentuk  tim  dan  memilih  topik
           penelitian  yang  tercantum  dalam  kerangka  acuan  penelitian
           kelembagaan  Banyaknya  staf  akademik  yang  terlibat  serta
           terjadinya  konversi  pengetahuan  individual  menjadi  pengetahuan
           institusional  dalam  penelitian  kelembagaan  menandakan  bahwa
           kegiatan  penelitian  kelembagaan  dalam  suatu  institusi  dapat
           dipandang  sebagai  jaringan  komunikasi  bersama  dalam  institusi
           tersebut  untuk  memecahkan  berbagai  masalah.  Hasil  suatu
           penelitian  kelembagaan  ialah  pengetahuan  ilmiah  mengenai
           lembaga  tersebut  yang  ditemukan  oleh  penelitinya.  Penelitian
           pada  hakikatnya  ialah  suatu  penciptaan  pengetahuan  ilmiah.
           Melalui  penelitian  kelembagaan,  pengetahuan  individu  atau
           kelompok individu dikonversi menjadi pengetahuan dalam institusi
           yang  dapat  digunakan  untuk  mengembangkan  produk  baru  atau
           meningkatkan  kinerja  institusi.  Dengan  demikian,  meskipun  hasil
           penelitian  kelembagaan mungkin tidak digunakan langsung dalam
           pengambilan  keputusan,  penelitian  kelembagaan  dalam  suatu
           institusi  merupakan  jaringan  belajar  dalam  institusi  tersebut.



           494
   494   495   496   497   498   499   500   501   502   503   504